ANALISIS RISIKO USAHATANI PADI DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI PADISALIBU DI NAGARI TABEK KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT

INDAH, JENNERIA PUTRI (2022) ANALISIS RISIKO USAHATANI PADI DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI PADISALIBU DI NAGARI TABEK KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Text (BAB I PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kultur teknis padi dengan menerapkan teknologi padi salibu di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan, menganalisa tingkat risiko produksi usahatani padi dengan menerapkan teknologi padi salibu, dan mengetahui strategi apa yang dilakukan petani dalam menangani risiko usahatani padi dengan menerapkan teknologi padi salibu di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan sampel petani dilakukan secara Probability Sampling yaitu setiap yang ada di dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih. Alat yang digunakan untuk menganalisis risiko produksi yaitu varians, standar deviasi, dan koefisien variasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat risiko produksi padi dengan menerapkan teknologi padi salibu yang dihadapi oleh petani padi salibu tergolong rendah yaitu 14,9 %. Risiko yang dihadapi petani bersumber dari cuaca, serangan hama dan penyakit tanaman. Strategi yang dilakukan petani dalam menangani risiko tersebut yaitu dengan dua cara. Pertama dengan strategi preventif yaitu pemeliharaan tanaman secara rutin, dan pengendalian hama dan penyakit tanaman secara teratur. Kedua dengan strategi mitigasi yaitu dengan melakukan diversifikasi tanaman dan diversifikasi mata pencaharian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Faidil Tanjung, M.Si
Uncontrolled Keywords: risiko, padi salibu, pengelolaan risiko.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:36
Last Modified: 29 Dec 2022 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120880

Actions (login required)

View Item View Item