KOMUNIKASI PETUGAS BPJS KESEHATAN CABANG PADANG DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA

DEWI FARADILLA, DEWI (2020) KOMUNIKASI PETUGAS BPJS KESEHATAN CABANG PADANG DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA. Masters thesis, IAIN KEDIRI.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://doi.org/10.30762/mediakita.v4i2.2624

Abstract

Kesehatan merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia. Jaminan kesehatan tidak terlepas dari penyediaan informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dalam menyampaikan informasi dibutuhkan pelayanan yakni pelayanan prima yang merupakan suatu tindakan yang diberikan oleh pemberi informasi kepada penerima informasi tanpa komplain atau ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh menganalisis bentuk komunikasi dan penggunaan new media oleh pemberi layanan. Metode yang digunakan melalui analisis kualitatif deskriptif dengan menjelaskan komunikasi yang digunakan oleh petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa petugas frontliner Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang dalam memberikan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) harus melalui sejumlah pelatihan mengenai cara berkomunikasi yang baik kepada pelanggan terutama dalam menghadapi keluhan dari masyarakat yang sering terjadi. Petugas BPJS Kesehatan Cabang Padang menggunakan komunikasi langsung dan tidak langsung. Bentuk layanan yang disediakan berupa layanan langsung di kantor BPJS Kesehatan, layanan jemput bola dan layanan secara tidak langsung melalui care center. Sedangkan dalam pemanfaatan media sosial masih belum digunakan secara optimal oleh BPJS Kesehatan Cabang Padang ketika menyampaikan informasi serta menjawab komentar masyarakat baik yang positif ataupun yang negatif seluas-luasnya kepada peserta JKN KIS khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Untuk itu, perlu peningkatan layanan berbasis digital agar layanan lebih dapat dirasakan lebih maksimal oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:15
Last Modified: 02 Jan 2023 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120876

Actions (login required)

View Item View Item