PENGARUH JENIS KEMASAN DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KADAR LEMAK, BILANGAN THIOBARBITURAT ACID (TBA) DAN NILAI ORGANOLEPTIK RENDANG RUNTIAH ITIK AFKIR

MUTIARA, MUTIARA (2015) PENGARUH JENIS KEMASAN DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KADAR LEMAK, BILANGAN THIOBARBITURAT ACID (TBA) DAN NILAI ORGANOLEPTIK RENDANG RUNTIAH ITIK AFKIR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201504240720th_cover.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi jenis kemasan dan lama penyimpanan rendang runtiah itik afkir. Penelitian ini menggunakan rendang runtiah sebanyak 4000 gram yang terdiri dari 40 buah kemasan rendang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan pola faktorial 4x5 dan 2 kelompok sebagai ulangan. Sebagai faktor pertama (A) adalah kemasan plastik polietilen (A1), kemasan plastik polietilen divakum (A2), kemasan aluminium foil standin (A3), kemasan aluminium foil standin divakum (A4), sedangkan faktor kedua (B) adalah lama penyimpanan yang terdiri dari penyimpanan 0 hari (B1), penyimpanan 15 hari (B2), penyimpanan 30 hari (B3), penyimpanan 45 hari (B4) dan penyimpanan 60 hari (B5). Peubah yang diamati adalah kadar lemak, bilangan thiobarbiturat acid dan nilai organoleptik rendang runtiah itik afkir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang nyata (P<0.05) antara jenis kemasan dan lama penyimpanan terhadap penilaian kadar lemak dan sangat nyata (P<0.01) terhadap bilangan thiobarbiturat acid, nilai organoleptik rasa dan nilai organoleptik aroma, namun tidak terdapat interaksi (P>0.05) terhadap penilaian organoleptik warna rendang runtiah itik afkir. Penyimpanan rendang runtiah itik afkir selama 15 hari bisa digunakan plastik polietilen, tetapi penyimpanan 30 hari harus menggunakan plastik polietilen yang divakum. Jenis kemasan yang digunakan untuk rendang runtiah itik afkir yang disimpan selama 60 hari adalah aluminium foil standin yang divakum dengan hasil uji kadar lemak 25.59%, bilangan thiobarbiturat acid 0.22 MA/kg dan organoleptik rasa 1.90. Kata kunci : rendang runtiah itik afkir, plastik polietilen, aluminium foil standin, kadar lemak, bilangan thiobarbiturat acid dan nilai organoleptik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 19 Jul 2016 07:58
Last Modified: 19 Jul 2016 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item