Skrining dan Karakterisasi Bakteri Penghasil Bioplastik Poli (3 Hidroksibutirat) dari Sampel Tanah, Produksi dan Penentuan Kandungan Polimernya dengan Kromatografi Gas

NOVINDA, SYAFDWIMA (2022) Skrining dan Karakterisasi Bakteri Penghasil Bioplastik Poli (3 Hidroksibutirat) dari Sampel Tanah, Produksi dan Penentuan Kandungan Polimernya dengan Kromatografi Gas. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
kafer dan abstrak.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_ (1) (1).pdf - Published Version

Download (16kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (tesis full text)
full tesis novinda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bioplastik adalah plastik yang dapat diuraikan secara alamiah karena sifat dari bioplastik dapat diuraikan oleh mikroorganisme di dalam tanah dan air sehingga tidak merusak lingkungan seperti yang banyak ditimbulkan oleh plastik sintetis. P(3HB) di dalam sel bakteri menunjukkan kondisi kekurangan nutrisi, namun kelebihan sumber karbon sehingga karbon diakumulasikan dalam sel sebagai cadangan energi. Pada penelitian untuk mengetahui jenis bakteri dan kemampuan isolate bakteri dalam menghasilkan bioplastik poli (3 hidroksibutirat). Metode penelitian yang digunakan yaitu karakterisasi isolat bakteri secara makroskopis, mikroskopis, uji biokimia, kemudian dilakukan uji GCMS untuk menentukan kandungan bioplastik poli (3 hidroksibutira). Pada penelitian ini didapat 25 isolat bakteri yangmampu menghasilkan bioplastik poli (3 hidroksibutirat). Pada 25 isolat bakteri didapat 4 isolat bakteri yang potensial dalam menghasilkan bioplastik poli (3 hidroksibutirat). Pada Hasil uji GC-MS didapat empat isolat bakteri mengandung P(3HB) dengan kisaran persentase 5, 518 - 12.095% dari 20 mg berat sel kering bakteri dimana persentase (P3HB) tertinggi pada kode isolat T 5.1. Identifikasi yang berbasis molekuler dengan mengunakan 16s rRNA didapat bahwa isolat T1.1 memiliki kemiripan dengan Bacillus cereus, isolat T5.1 memiliki kemiripan dengan Bacillus cereus, isolat T7.1 memiliki kemiripan dengan Bacillus cereus, dan isolatT9.2 memiliki kemiripan dengan Achromobacter xylosoxidans.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Akmal Djamaan, M.S,Ph.D,Apt
Uncontrolled Keywords: Bakteri, Skrining, Karakterisasi, P(3HB), 16s rRNA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 bioteknologi bioteknologi
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:40
Last Modified: 30 Dec 2022 02:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120793

Actions (login required)

View Item View Item