FENOLOGI PEMBUNGAAN DUA JENIS TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) di PT TIDAR KERINCI AGUNG KABUPATEN SOLOK SELATAN

Like, Abela Murince (2002) FENOLOGI PEMBUNGAAN DUA JENIS TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) di PT TIDAR KERINCI AGUNG KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (bab 5 Kesimpulan)
BAB 5 akhir.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kajian tentang fenologi pembungaan diperlukan di bidang pemuliaan tanaman dalam rangka perakitan varietas unggul. Informasi tentang fenologi pembungaan kelapa sawit di Kabupaten Solok Selatan belum banyak tersedia, karena itu dilakukan penelitian tentang fenologi pembungaan dua jenis tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) yang dilaksanakan di PT. Tidar Kerinci Agung Kabupaten Solok Selatan selama dua bulan (September – Desember 2020). Penelitian ini menggunakan motode survei dengan penyajian data deskriptif. Gambaran sistematis tentang tahapan perkembangan bunga kelapa sawit dilakukan dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Kisaran suhu selama penelitian adalah 31°C dan kelembaban 71%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelapa sawit Marihat Klon saat fase seludang hingga terbukanya seludang luar bunga betina dibutuhkan waktu 51 hari dan pada bunga jantan dibutuhkan waktu 52 hari, terbukanya seludang luar sampai pecahnya seludang dalam pada bunga betina dibutuhkan 15 hari dan pada bunga jantan 13 hari, terbukanya seludang bagian dalam sampai mekar sempurna pada bunga betina dibutuhkan waktu 8 hari dan pada bunga jantan 7 hari, mekar sempurna pada bunga betina dibutuhkan waktu 5 hari sampai terserbuki sempurna sedangkan untuk bunga jantan 5 hari. Pada varietas kelapa sawit DxP Socfindo rata-rata waktu yang dibutuhkan yaitu 38 hari untuk bunga betina sampai pada terbukanya seludang luar sedangkan untuk bunga jantan diperlukan waktu 37 hari, seludang luar terbuka pada bunga betina diperlukan waktu 14 hari untuk pecahnya seludang dalam sedangkan untuk bunga jantan 17 hari, terbukanya seludang dalam bunga betina diperlukan 6 hari sampai mekar sempurna sedangkan untuk bunga jantan 7 hari, bunga betina untuk mekar sempurna diperlukan waktu 6 hari sampai terserbuki sempurna sedangkan untuk bunga jantan 6 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:20
Last Modified: 29 Dec 2022 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120782

Actions (login required)

View Item View Item