Penyisihan Nitrogen dengan Proses Anammox Menggunakan Lumpur Lindi Landfill pada Filter Bioreactor (FtBR) di Suhu Ambien (25°C – 28°C)

Hillary, Citra Aribah (2022) Penyisihan Nitrogen dengan Proses Anammox Menggunakan Lumpur Lindi Landfill pada Filter Bioreactor (FtBR) di Suhu Ambien (25°C – 28°C). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup))
3. BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. TA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja penyisihan nitrogen menggunakan lumpur lindi landfill sebagai inokulum pada reaktor filter bioreactor (FtBR) dengan proses anammox. Reaktor dioperasikan dan dialiri substrat secara kontinu pada suhu ambien (25°C – 28°C) selama 100 hari. Substrat mengandung konsentrasi amonium dan nitrit yang ditingkatkan dari 70, 150, dan 200 mg-N/L. Substrat kemudian dialirkan ke FtBR dengan hydraulic retention time (HRT) 24 jam dan 12 jam. Kinerja penyisihan nitrogen dihitung berdasarkan konsentrasi influen dan efluen amonium, nitrit, dan nitrat yang diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Nilai maksimum ammonium conversion efficiency (ACE); nitrogen removal efficiency (NRE) dan nitrogen removal rate (NRR) didapatkan 99,91%; 89,17% dan 0,76 kg-N/m3.h pada nitrogen loading rate (NLR) 0,92 kg-N/m3.h. Nilai rasio ΔNO2--N/ΔNH4+-N dan rasio ΔNO3--N/ΔNH4+-N adalah 1,94 dan 0,40 yang melebihi rasio teoritis dikarenakan adanya indikasi proses nitrifikasi. Penyisihan nitrogen masih terjadi hingga akhir penelitian dan tidak menunjukkan terjadinya inhibisi sehingga proses anammox masih berlanjut. Lumpur lindi landfill memiliki kinerja penyisihan nitrogen yang tinggi menggunakan reaktor FtBR pada suhu ambien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Zulkarnaini
Uncontrolled Keywords: Anammox, filter bioreactor, lumpur lindi landfill, penyisihan nitrogen, suhu ambien
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:24
Last Modified: 29 Dec 2022 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120780

Actions (login required)

View Item View Item