Implementasi Thermoelectric Cooler (TEC) Pada Cooler Pad Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3 Sebagai Sistem Kontrol

Petma, Kattria (2022) Implementasi Thermoelectric Cooler (TEC) Pada Cooler Pad Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3 Sebagai Sistem Kontrol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover+Abstrack.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
Bab V.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Laptop telah menjadi alat bantu masyarakat dalam bidang pekerjaan maupun pendidikan seperti pengolahan data, desain grafis, analisis, dan simulasi ataupun hanya sekedar bermain game. Penelitian ini telah menghasilkan cooler pad dengan sistem pendingin menggunakan thermoelectric cooler (TEC) dan kipas angin DC yang dapat hidup secara otomatis, sehingga dapat menurunkan suhu laptop lebih cepat dibandingkan dengan cooler pad tanpa TEC. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan tegangan keluaran sensor suhu LM35 sebagai input yang diolah oleh mikrokontroler arduino uno R3. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu sebuah alat yang dapat mengontrol suhu laptop dengan sensitivitas sensor yaitu 10,2 mV/°C dengan rata-rata kesalahan relatif sensor LM35 sebesar 1,94%. Suhu yang terdeteksi oleh sensor LM35 akan ditampilkan pada LCD. Saat suhu yang terbaca antara 30°C sampai 42°C maka kipas angin DC pada alat hidup dengan kecepatan 128 rpm, saat nilai suhu yang terdeteksi besar dari 42°C maka kipas angin DC hidup dengan kecepatan 255 rpm, dan saat suhu yang terdeteksi kecil dari 30°C maka kipas angin DC mati secara otomatis. Pengujian laptop dengan prosesor AMD Reyzen 5 3500u dan AMD A9-9425 R5 dapat disimpulkan bahwa cooler pad dengan TEC menghasilkan suhu laptop yang lebih rendah 6,6°C dibandingkan dengan cooler pad tanpa TEC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:45
Last Modified: 30 Dec 2022 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120769

Actions (login required)

View Item View Item