Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan dengan Menggunakan Penerapan Logika Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus: MAN 2 Solok)

Hifzhon, Alnutari (2022) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan dengan Menggunakan Penerapan Logika Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus: MAN 2 Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Watermark.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Watermark.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI Watermark.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Watermark.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
LTA Hifzhon Alnutari Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah adalah sarana untuk siswa dapat memperoleh ilmu baik secara akademis maupun non akademis. MAN 2 Solok merupakan salah satu madrasah yang terletak di Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Setiap tahunnya MAN 2 Solok rutin untuk melaksanakan pemilihan jurusan bagi siswa yang duduk di kelas X. Biasanya di setiap MA akan ada fokus penjurusan. Pada MAN 2 Solok terdapat 3 jurusan yang ditawarkan, yaitu IPA, IPS dan Agama. Dengan adanya fokus jurusan ini akan membuat siswa lebih terfokus pada satu jurusan sesuai dengan minat dan kemampuannya. Dalam menentukan jurusan yang ingin diambil, siswa diharapkan dapat memilih jurusan sesuai dengan minat serta potensinya. Namun, masih banyak sekolah yang menerapkan pengambilan jurusan bagi siswa secara manual. Dimana siswa menentukan sendiri jurusan yang diminati tanpa mengatahui kemampuan serta potensi yang dimiliki. MAN 2 Solok dalam melakukan penjurusan mempertimbangkan aspek seperti nilai rapor siswa, hasil psikotest serta minat dari siswa tersebut. Namun kebanyakan dari siswa masih khawatir dengan hasil penjurusan yang dilakukan pihak sekolah kurang akurat dan tidak sesuai dengan bakat serta potensinya. Oleh karena itu, MAN 2 Solok membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang terkomputerisasi agar dapat membantu pihak sekolah dalam memilih jurusan terbaik bagi siswa secara akurat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Sistem Pendukung Keputusan dalam pemilihan jurusan ini menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dalam menentukan rangking atau prioritas dari setiap alternatif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan siswa yang dapat digunakan untuk pemilihan jurusan siswa MAN 2 Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Wahyudi, M.T
Uncontrolled Keywords: SPK, MAN 2 Solok, Fuzzy Tsukamoto
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:27
Last Modified: 29 Dec 2022 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120749

Actions (login required)

View Item View Item