AKTIVITAS EKSTRAK METANOL BIJI MINDI Melia azedarach Linn. (MELIACEAE) TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN Spodoptera exigua Hubner (LEPIDOPTERA : NUCTUIDAE)

YULI, ARTINA (2016) AKTIVITAS EKSTRAK METANOL BIJI MINDI Melia azedarach Linn. (MELIACEAE) TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN Spodoptera exigua Hubner (LEPIDOPTERA : NUCTUIDAE). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran))
BAB V (kesimpulan dan saran).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi yuli artina 1010211022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Spodoptera exigua Hubner merupakan salah satu hama utama yang merusak tanaman bawang merah. Insektisida nabati dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam mengendalikan hama tersebut. Mindi Melia azedarach Linn. merupakan tumbuhan yang berpotensi sebagai insektisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi ekstrak metanol biji mindi yang efektif terhadap mortalitas larva dan menekan perkembangan S. exigua. Penelitian dilakukan di laboratorium menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 5 ulangan yaitu konsentrasi 0%, 0,2%, 0,3%, 0,4% dan 0,5%. insektisida diaplikasikan melalui pakan larva. Parameter yang diamati adalah mortalitas larva, penurunan aktivitas makan, lama perkembangan larva, persentase pupa terbentuk, bobot pupa terbentuk dan persentase imago terbentuk. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak metanol biji mindi dapat menyebabkan mortalitas larva dan menghambat perkembangan S. exigua. Konsentrasi terbaik adalah 0,5% dengan mortalitas larva mencapai 88,89% dengan LC50 sebesar 0,25% dan LC95 sebesar 0,84%. Aktivitas antimakan larva S. exigua mencapai 80,61% dengan perkembangan larva instar 3 ke 4 lebih lama 1,48 hari dan larva instar 3 ke 5 lebih lama 2,39 hari dibandingkan dengan kontrol. Kata Kunci : Ekstrak metanol, Melia azedarach, Insektisida nabati, Spodoptera exigua

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:41
Last Modified: 20 Jul 2016 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item