Kinerja Penyisihan Nitrogen Dengan Bakteri Candidatus Brocadia fulgida Menggunakan Membrane Bioreactor (MBR) Pada Hydraulic Retention Time (HRT) 12 Jam

M Rizqon, Akbar (2022) Kinerja Penyisihan Nitrogen Dengan Bakteri Candidatus Brocadia fulgida Menggunakan Membrane Bioreactor (MBR) Pada Hydraulic Retention Time (HRT) 12 Jam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 pendahuluan)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (BAB 5 penutup)
BAB 5 penutup.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Membran Bioreaktor (MBR) adalah sebuah proses pengolahan air limbah yang merupakan kombinasi dari proses filtrasi melalui membran dengan proses pengolahan secara biologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja membran bioreaktor menggunakan bakteri anammox Candidatus Brocadia fulgida dalam menyisihkan nitrogen yang dilakukan pada Hydraulic Retention Time (HRT) 12 jam. Jenis MBR yang digunakan ialah MBR terendam dan membran yang digunakan ialah UF hollow membrane. Substrat yang digunakan mengandung amonium dan nitrit dengan konsentrasi 250; 200; dan 150 mg-N/L. Reaktor dioperasikan secara kontinu selama 75 hari pada suhu ambien. Analisis amonium menggunakan metode nessler, nitrit menggunakan metode spektrofotometri, dan nitrat dengan menggunakan metode skrining UV. Kinerja MBR ditentukan berdasarkan nilai Nitrogen Removal Rate (NRR), Amonium Conversion Efficiency (ACE), Nitrogen Removal Efficiency (NRE), dan Nitrogen Loading Rate (NLR). Nilai rasio stoikiometri ΔNO2--N/ΔNH4+-N dan ΔNO3--N/ΔNH4+-N yang didapatkan sebesar 0,98 dan 0,21 mendekati stoikiometri untuk proses anammox. Laju penyisihan nitrogen secara keseluruhan berada dalam rentang (0,230 - 0,627) kg-N/m3.h. Kinerja MBR mengalami inhibisi pada saat konsentrasi nitrit ≥200 mg-N/L dengan nilai free nitrous acid melewati batas inhibisi. Kinerja optimum didapatkan dengan laju penyisihan nitrogen/NRR sebesar 0,627 kg-N/m3.h pada nilai NLR 1,171 kg-N/m3.h saat konsentrasi 250 mg-N/L. Persentase NRE dan ACE optimum pada HRT 12 jam didapatkan sebesar 81% pada nilai NLR 0,699 kg-N/m3.h saat konsentrasi 150 mg-N/L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:49
Last Modified: 18 Jan 2023 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120705

Actions (login required)

View Item View Item