Eka, Lidiyasari (2022) MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK DI TK USWATUN HASANAH KELURAHAN SIDEREJO KOTA LUBUKLINGGAU. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER SKRIPSI EKA.pdf - Published Version Download (290kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Eka Lidiyasari.pdf - Published Version Download (279kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V Eka Lidiyasari.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI EKA LIDIYASARI (5).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keinginan orang tua akan anak mengenal nilai-nilai agama, nilai moral, nilai disiplin, kreatif, anak dapat bersosialisai, menghafal surah dalam Al-quran dan adanya kekhawatiran orang tua terhadap kemerosotan moral dan perilaku anak sekarang akibat perkembangan zaman yang semakin meresahkan sehingga banyak ditemui perilaku-perilaku menyimpang yang jauh dari norma-norma dan nilai agama ditambah lagi orang tua yang tidak terlalu paham dengan ajaran agama. Sehingga orang tua mencarikan alternatif sekolah berbasis Islam yang dapat memberikan pemahaman agama, penanaman nilai-nilai kebaikkan dan pembentukkan karakter yang Islami melalui pengajaran, kurikulum sekolah, percontohhan dan tingkah laku guru dalam mendidik. Sehingga anak paham akan ajaran agamanya dan berperilaku sesuai nilai-nilai agama, norma, adat istiadat yang berlaku di masyarakat sehingga memotivasi orang tua dalam menyekolahkan anak di sekolah berbasis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Peneliti sudah memiliki kriteria tertentu sampai jumlah kuota yang diinginkan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan Motivasi Orang Tua Menyekolahkan anak di TK Uswatun Hasanah karena adanya dorongan internal dan eksternal pada orang tua dalam menyekolahkan anak di sekolah berbasis Islam sehingga anak memiliki pengetahuan dasar mengenai agama Islam sedari dini sehingga terhindar dari kemerosotan moral dan akhlak yang tidak baik sehingga anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah serta memiliki budi pekerti yang baik sesuai nilai dan norma yang berlaku melalui program dan kurikulum yang diajarkan guru melalui proses enkulturasi dalam penerapan nilai-nilai dan pengajaran yang guru berikan kepada anak. Proses ini yang membantu anak dalam belajar, memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam yang telah diajarkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dra. Ermayanti, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Orang Tua, Sekolah Islam. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 03:40 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 03:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120573 |
Actions (login required)
View Item |