Pengaruh Rasio Penambahan Aluminium Sebagai Bahan Isian Filamen PLA Terhadap Konduktivitas Filamen PLA Pada Aplikasi 3D Printing

Zuliantoni, Zuliantoni (2022) Pengaruh Rasio Penambahan Aluminium Sebagai Bahan Isian Filamen PLA Terhadap Konduktivitas Filamen PLA Pada Aplikasi 3D Printing. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Zuliantoni 1810912054.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1_Zuliantoni 1810912054.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Bab Akhir Penutup)
BAB Akhir_Zuliantoni 1810912054.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Zuliantoni 1810912054.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Utuh_Zuliantoni 1810912054.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sampah limbah elektronik ataupun sisa pemakaian barang-barang elektronik sehari-hari dapat menyebabkan pencemaran lingkungan karena sampah elektronik ini sukar untuk terurai di alam dan juga beracun, baik untuk lingkungan maupun manusia. Salah satu cara meminimalisir pencemaran lingkungan dari sampah elektronik yaitu dengan membuat komposit polimer untuk kebutuhan material konduktif. Komposit polimer dapat digunakan sebagai struktur bahan pada komponen elektronika karena sifatnya yang ringan, murah, dan tahan air. Polimer memiliki konduktivitas yang relative kecil sehingga dibutuhkan bahan pengisi yang konduktif salah satunya menggunakan serbuk logam untuk meningkatkan konduktivitasnya. Asam polilaktat(PLA) berpotensi sebagai matriks polimer, PLA memiliki keunggulan tidak beracun dan mudah terurai di alam karena bahan pembuatnya yang terbuat dari bahan organik. Konduktivitas elektrik dari PLA dapat ditingkatkan dengan cara menambahkan bahan pengisi logam yaitu aluminium. Pada penelitian ini dibuat komposit dengan PLA sebagai matriks dan aluminium sebagai isiannya untuk mendapatkan filamen bahan 3D printer yang memiliki konduktivitas elektrik yang baik sehingga 3D printer dapat digunakan untuk membuat objek yang dapat digunakan untuk kebutuhan material konduktif. Mesin ekstuder digunakan untuk membuat filamen PLA dengan isian aluminium. Rasio penambahan aluminium pada masing-masing campuran akan divariasikan untuk mendapatkan filamen PLA/Aluminium dengan rasio campuran yang menghasilkan konduktivitas elektrik paling bagus. Alat uji four point probe digunakan untuk mengukur resistivitas dari masing-masing spesimen untuk mengetahui spesimen dengan rasio campuran mana yang memiliki nilai konduktivitas paling bagus. Hasil dari penelitian ini diperoleh konduktivitas elektrik yang paling baik pada rasio campuran 70% PLA dan 30% aluminium dengan nilai konduktivitas elektrik sebesar 31,44 S/m. Konduktivitas elektrik yang didapat dari masing-masing rasio campuran yaitu 90% PLA dan 10% aluminium sebesar 6,78 S/m; 80% PLA dan 20% aluminium sebesar 10 S/m; 70% PLA dan 30% aluminium sebesar 31,44 S/m; dan 60% PLA dan 40% aluminium sebesar 24,15 S/m. Komposit polimer konduktif PLA dengan isian aluminium pada rasio campuran 70% PLA dan 30% aluminium sudah bisa digunakan untuk kebutuhan material konduktif dalam pembuatan beberapa komponen elektronika. Kata Kunci: Komposit polimer konduktif, PLA, aluminium, konduktivitas elektrik, mesin ekstruder filamen PLA, four point probe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firman Ridwan, Ph.D
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 28 Dec 2022 08:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120565

Actions (login required)

View Item View Item