FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN RUMAH TANGGA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN GUGUK PANJANG KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2022

Puti, Oneyna Raisa (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN RUMAH TANGGA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN GUGUK PANJANG KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahulan.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (Bab VI Kesimpulan dan Saran)
Bab VI Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian. Pada 6 Maret 2007 terjadi gempa pada Sesar Semangko yang menyebabkan lebih dari 50 orang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka di Bukittinggi. Kesiapsiagaan rumah tangga di Kecamatan Guguk Panjang dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi masih rendah (50%). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kesiapsiagaan rumah tangga di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi tahun 2022. Metode. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study, dilakukan pada Maret-Desember 2022. Sampel pada penelitian ini sebanyak 98 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis univariat, analisis bivariat dengan chi square, dan analisis multivariat dengan regresi logistik. Hasil. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa pengetahuan (p=0.003), sikap (p=0.000), kebijakan keluarga (p=0.002), rencana tanggap darurat (p=0.002), dan pengalaman (p=0.037) memiliki hubungan dengan kesiapsiagaan. Sedangkan persepsi risiko (p=0.249) tidak memiliki hubungan dengan kesiapsiagaan. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kesiapsiagaan adalah sikap (p=0.000, POR=10.218). Kesimpulan. Terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, kebijakan keluarga, rencana tanggap darurat, dan pengalaman dengan kesiapsiagaan rumah tangga. Variabel yang dominan berhubungan dengan kesiapsiagaan adalah sikap. Diharapkan pemerintah dapat melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat serta penyediaan prasarana seperti rambu-rambu keselamatan dan pesan kebencanaan secara merata dalam meningkatkan kesiapsiagaan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Septia Pristi Rahmah, SKM., MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:56
Last Modified: 28 Dec 2022 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120550

Actions (login required)

View Item View Item