ANALISIS NUMERIK DENGAN MSC DYTRAN DARI CRASH BOX PADA BUMPER MOBIL YANG DILENGKAPI DENGAN MEKANISME PENYERAPAN ENERGI AKIBAT BEBAN TUMBUKAN

Muhammad, Fazri Irwan Saputra (2022) ANALISIS NUMERIK DENGAN MSC DYTRAN DARI CRASH BOX PADA BUMPER MOBIL YANG DILENGKAPI DENGAN MEKANISME PENYERAPAN ENERGI AKIBAT BEBAN TUMBUKAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan data, salah satu penyumbang angka kematian terbesar adalah kecelakaan lalu lintas. Untuk dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, keselamatan kendaraan pun diciptakan, seperti contohnya sabuk pengaman, sistem pengereman antilock, airbag, bumper, dan crash box. Crash box termasuk dalam bagian crumple zone, crumple zone merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang sengaja dibuat lebih lemah dari bagian lainnya. Tujuan dari crumple ini agar gaya yang timbul akibat tumbukan diserap seluruhnya oleh bagian tersebut sehingga penumpang dapat selamat. Besarnya energi yang diserap dipengaruhi oleh material, beban dan geometri. Besarnya penyerapan energi dipengaruhi oleh material yang digunakan, beban dan geometri. Crash box adalah struktur berdinding tipis pemberian pembebanan dengan kecepatan yang digunakan adalah kecepatan rendah dan bentuk buckling yang didapatkan adalah buckling statik progressive. Berbagai macam penelitian tentang Crash Box bertujuan untuk menentukan model terbaik untuk penyerapan energi terbesar. Tugas akhir ini membahas tentang trigger effect dan kecepatan pada penyerapan energi oleh crash box. Model penampang pada crash box adalah square, circle, rectangle, hexagon, dan octagon. Pada variasi trigger menggunakan penampang crash box adalah bead notch, diamond notch, smaller thickness, circular notch, circular holes, dan oval hole. Dengan kecepatan 4 km/h. Material yang digunakan dalam crash box adalah aluminium alloy, lalu menentukan kondisi batas dengan kecepatan dengan arah sumbu y pada penampang crash box dan pada bagian bawah dari crash box akan dijepit untuk menahan dari crash box. Analisis crash box menggunakan model elemen hingga dimana MSC Pastran dan MSC Dytran melakukan pemodelan dan analisis. Dari penelitian ini didapatkan penyerapan energi pada crash box dengan memberikan variasi kecepatan yang ditetapkan. Crash box penampang persegi memiliki hasil yang berbeda pada setiap model trigger. Crash box penampang persegi trigger yang optimal dan efisien merupakan model trigger circular notch memiliki energi 2161,43 J. Crash box penampang persegi panjang trigger circular notch karena penyerapan energi memiliki nilai penyerapan energi 1578,31 J. Crash box penampang hexagonal memiliki energi penyerapan optimal yaitu model trigger circular holes memiliki nilai penyerapan sebesar 2302,56 J. Crash box penampang octagonal yang memiliki energi penyerapan optimal yaitu model trigger bead initiator memiliki penyerapan energi memiliki nilai sebesar 2480,04 J.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Eka Satria
Uncontrolled Keywords: crash box, trigger, penyerapan energi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:09
Last Modified: 28 Dec 2022 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120538

Actions (login required)

View Item View Item