Tradisi Malam Baretong dalam Upacara Pernikahan di Nagari Campago Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Nurul, Afrina Dewi (2022) Tradisi Malam Baretong dalam Upacara Pernikahan di Nagari Campago Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI NURUL AFRINA DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Malam baretong merupakan rangkaian kegiatan upacara perkawinan yang dilaksanakan untuk menghitung sumbangan di rumah anak daro. Pada saat individualisme semakin menguat di tengah kehidupan masyarakat modern, di Nagari Campago Barat tidak sepenuhnya demikian. Di nagari ini pemberian antar kerabat dalam rangkaian upacara perkawinan tetap eksis dan terpelihara. Bahkan ada kecenderungan semakin menguat, hal ini dibuktikan dengan jumlah perolehan dari kerabat umumya lebih besar dibandingkan perolehan dari tamu undangan yang secara kuantitas jumlahnya lebih besar. Dan sebagian daerah lainnya di Minangkabau khususnya Paraiaman sudah mulai meninggalkan tradisi ini dalam upacara perkawinan dan sebagian orang tidak memahami bagaimana proses malam baretong tersebut. Oleh karena itu menarik untuk mengkaji mengapa kerabat memberi sumbangan yang besar pada malam baretong dan bagaimana proses malam baretong di Nagari Campago Barat Penelitian ini dilakukan di Nagari Campago Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Padang Pariaman. Dilihat dari pendekatan, penelitian ini termasuk kualitatif, pemilihan informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi non parsial, wawancaa mendalam, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana proses pada malam baretong dan faktor kerabat memberi sumbangan pada malam baretonguntuk membantu biaya pelaksanaan upacara perkawinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Pembimbing 1: Pramono,M.Si,P.Hd
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 28 Dec 2022 05:11
Last Modified: 28 Dec 2022 05:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120526

Actions (login required)

View Item View Item