PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG PISANG KEPOK (Musa balbisiana) TERHADAP NILAI pH, TOTAL ASAM TERTITRASI DAN TOTAL BAKTERI ASAM LAKTAT SUSU FERMENTASI Lactococcus lactis D4

fanny, fitria (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG PISANG KEPOK (Musa balbisiana) TERHADAP NILAI pH, TOTAL ASAM TERTITRASI DAN TOTAL BAKTERI ASAM LAKTAT SUSU FERMENTASI Lactococcus lactis D4. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (penutup)
penutup.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (skripsi full)
skripsi fanny fitria.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung pisang kepok dalam pembuatan susu fermentasi terhadap pH, total asam tertitrasi dan total bakteri asam laktat. Penelitian ini menggunakan susu sapi sebanyak 2000 ml yang di peroleh dari peternak sapi perah yang ada di Limau Manis, tepung pisang kepok sebanyak 100 gram dengan bahan baku pisang dari pasar Bandar Buat dan inokulum yang digunakan sebagai probiotik adalah Lactococcus lactis D4 yang diisolasi dari dadih asal Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Kelompok dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penambahan tepung pisang kepok A (0%), B (2,5%), C (5%), D (7,5%), E (10%). Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah pH, total asam tertitrasi dan total bakteri asam laktat. Hasil analisis keragaman menunjukkan penambahan tepung pisang kepok pada susu fermentasi memberikan pengaruh yang nyata (P<0.05) terhadap pH, total asam tertitrasi dan total bakteri asam laktat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penambahan tepung pisang kepok terbaik dengan perlakuan 10% menghasilkan pH 4.61, total asam tertitrasi 0.94% dan total bakteri asam laktat 24.75 x 109 CFU/ml. Kata kunci : bakteri asam laktat, fermentasi, Lactococcus lactis D4, susu sapi, tepung pisang kepok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ade Sukma S.Pt, MP, Ph.D drh. Yuherman M.S, Ph.D
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:39
Last Modified: 27 Dec 2022 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120404

Actions (login required)

View Item View Item