Manajemen Komunikasi Pariwisata Pada Kelompok Sadar Wisata Dalam Mendukung Desa Wisata Kubu Gadang di Kota Padang Panjang.

Musa, Hasintongan Jose Pardede (2022) Manajemen Komunikasi Pariwisata Pada Kelompok Sadar Wisata Dalam Mendukung Desa Wisata Kubu Gadang di Kota Padang Panjang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Abstrak).pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Text (Bab I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (653kB)
[img] Text (Bab VI. Penutup)
Text (Bab VI Penutup).pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
Text (Thesis Full).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Desa wisata menjadi salah satu cara pemerintah untuk mengatasi kemiskinan daerah terpencil di Indonesia. Desa wisata juga mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah tersebut. Potensi adat istiadat dan juga budaya di daerah tersebut juga dapat dikenal masyarakat luas. Kelompok sadar wisata Desa Wisata Kubu Gadang juga ikut berpartisipasi dalam konsep desa wisata. Kelompok sadar wisata merasa terpanggil untuk mengembangkan Desa Kubu Gadang agar berkembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen komunikasi pariwisata kelompok sadar wisata dalam mengembangkan Desa Wisata Kubu Gadang di Kota Padang Panjang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen komunikasi Michael Kaye. Adapaun model manajemen komunikasi Michael Kaye memiliki 4 ukuran yaitu, self, komunikasi interpersonal, people in system, dan juga competence. Metode yang digunakan dalam penelitian inni adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini pada tahap komunikasi interpersonal, kelompok sadar wisata cukup kesulitan dalam meyakinkan masyarakat desa merasa adanya budaya baru masuk ke desa mereka. Pada tahap terkahir yaitu competence, kelompok sadar wisata dan juga Desa Wisata Kubu Gadang berhasil merain beberapa penghargaan dalam menjalankan desa wisata.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Manajemen Komunikasi Pariwisata, Kubu Gadang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:23
Last Modified: 30 Dec 2022 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120385

Actions (login required)

View Item View Item