GAMBARAN KESIAPSIAGAAN KELUARGA MENGHADAPI GEMPA BUMI DI RW 02 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2022

Novyanti, Rika (2022) GAMBARAN KESIAPSIAGAAN KELUARGA MENGHADAPI GEMPA BUMI DI RW 02 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2022. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
KARYA ILMIAH AKHIR.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I Rika.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Bab IV)
penutup.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (KIA Full Text)
KIA Rika Novyanti edit watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesiapsiagaan keluarga menghadapi bencana merupakan salah satu cara yang harus dimiliki keluarga untuk meningkatkan pengetahuan keluarga. Saat ini masih banyak dari keluarga yang belum memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana termasuk di lingkungan keluarga yang merupakan unit terkecil dalam masyarakt. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan keluarga dalam menghadapi gempa bumi. Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga di RW 02 Pasie Nan Tigo, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 64 keluarga yang memenuhi kriteria inklusi dengan teknik probability sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir sebagian dari keluarga (40,6%) memiliki tingkat kesiapsiagaan dalam kategori siap menghadapi resiko kejadian gempa bumi. Diharapkan kesiapsiagaan masyarakat pesisir pantai dalam menghadapi gempa bumi dapat ditingkatkan melalui perbaikan, terutama pada aspek mobilisasi sumberdaya yaitu dengaan lebih banyaknya anggota keluarga yang ikut dalam simulasi, edukasi dan sosialisasi terkait kesiapsiagaan bencana gempa bumi sehingga bisa mengaplikasikannya langsung ketika terjadi bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Moh.Jamil,S.Kp.,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: bencana, gempa bumi, keluarga, kesiapsiagaan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:58
Last Modified: 27 Dec 2022 04:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120372

Actions (login required)

View Item View Item