Simulasi dan Analisa Sistem Kendali Frekuensi Tenaga Listrik dengan Pilot Servo dan Kombinasi Pengendali Pidtune Model Standar (Model Hidraulik)

Ningsih, Fina Retno (2022) Simulasi dan Analisa Sistem Kendali Frekuensi Tenaga Listrik dengan Pilot Servo dan Kombinasi Pengendali Pidtune Model Standar (Model Hidraulik). Diploma thesis, Ansalas University.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak_Fina Retno Ningsih.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan_Fina Retno Ningsih.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Penutup)
Bab 5 Penutup_Fina Retno Ningsih.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Fina Retno Ningsih.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
1810953023_Fina Retno Ningsih_Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas dari suatu operasi sistem tenaga listrik salah satunya ditentukan dari kestabilan nilai frekuensi pada sistem. Sistem kendali frekuensi tenaga listrik berfungsi untuk menjaga kestabilan frekuensi pada sistem tenaga listrik agar berada pada nilai normal dengan batas toleransi yang telah ditetapkan, yaitu 50Hz dengan toleransi ±2%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perbandingan tanggapan sistem tanpa pengendali, dengan pengendali, dengan pilot servo, dengan pengendali dan pilot servo, serta mengetahui range konstanta transient droop dan reset time yang memenuhi kriteria perancangan. Hasil analisa menunjukkan bahwa performansi terbaik ditunjukkan saat sistem ditambahkan pengendali PD dengan nilai ess masukan undak = 0.0415, waktu naik (tr) = 0.37576 detik, waktu puncak (tp) = 1.6172 detik, waktu keadaan mantap (ts) = 3.5498 detik, dan lewatan maksimum (Mp) = 14.306%, sedangkan pada sistem dengan variasi konstanta transient droop dan reset time, tidak ada nilai konstanta yang memenuhi kriteria perancangan. Setiap parameternya memiliki hubungan yang berbeda dengan variasi konstanta. Kata Kunci : Sistem, Frekuensi, Pilot Servo, Pengendali, Transient Droop, Reset Time

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:21
Last Modified: 27 Dec 2022 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120331

Actions (login required)

View Item View Item