KOMUNIKASI PERSUASIF ERAT (ELDERLY RIGHT ADVOCACY TREATMENT) INDONESIA DALAM MEMBENTUK RASA KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP LANSIA DI KOTA YOGYAKARTA

Adrus, Tuanda Edry (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF ERAT (ELDERLY RIGHT ADVOCACY TREATMENT) INDONESIA DALAM MEMBENTUK RASA KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP LANSIA DI KOTA YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Provinsi D.I Yogyakarta merupakan provinsi dengan angka lansia paling tinggi di Indonesia pada tahun 2022 menurut data dari Dukcapil D.I Yogyakarta. Tingginya angka lansia di Yogyakarta membuat munculnya banyak isu sosial terkait lansia. Untuk mengatasi isu sosial tersebut, muncul beberapa lembaga yang bergerak dalam mengatasi isu lansia, salah satunya ERAT Indonesia. Sebagai upaya mengatasi isu sosial tersebut, ERAT Indonesia menggunakan komunikasi persuasif untuk mencapai tujuannya. Komunikasi persuasif yang dilakukan ditujukan kepada anak muda yang turut mengikuti kegiatan-kegiatan lembaganya terkait lansia. Untuk mengetahui komunikasi persuasif yang dilakukan ERAT Indonesia serta bagaimana pandangan anak muda, digunakan teori Kemungkinan Elaborasi. Untuk mendapatkan data yang tepat, dilakukan wawancara dengan beberapa anggota ERAT Indonesia serta beberapa anak muda yang terlibat dalam kegiatan ERAT Indonesia. Penelitian ini juga diperkaya dengan hasil observasi pada media sosial dan dokumentasi milik ERAT Indonesia. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pihak ERAT Indonesia melakukan riset sebelum memaparkan materi terkait lansia pada kegiatannya. ERAT Indonesia juga melakukan pendekatan non formal dengan anak muda untuk mengetahui pandangannya terhadap lansia. Komunikasi persuasif yang dilakukan ERAT Indonesia kepada anak muda juga dilakukan secara tersirat pada kegiatan pelatihan gratis yang diadakan oleh pihaknya serta memanfaatkan media sosialnya. Ditemukan hambatan komunikasi persuasif yang dilakukan, diantaranya kurangnya SDM milik ERAT Indonesia serta pandemi yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: ERAT Indonesia, Komunikasi Persuasif, Lansia, Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 29 Dec 2022 05:04
Last Modified: 29 Dec 2022 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120137

Actions (login required)

View Item View Item