PELAKSANAAN JUAL BELI TANAH MELALUI PENJABAT PEMBUAT AKTA TANAH SEMENTARA DI NAGARI PASAR BARU, KABUPATEN PESISIR SELATAN, PROVINSI SUMATERA BARAT

Rahmady, Windy (2022) PELAKSANAAN JUAL BELI TANAH MELALUI PENJABAT PEMBUAT AKTA TANAH SEMENTARA DI NAGARI PASAR BARU, KABUPATEN PESISIR SELATAN, PROVINSI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (BAB AKHIR/KESIMPULAN)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (TESIS FULL)
FULL TESIS ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Pelaksanaan Jual Beli Tanah Melalui Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara Di Nagari Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.” mengkaji permasalahan mengenai bagaimana proses dan pelaksanaan jual beli tanah di Nagari Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) sementara dan kendala-kendala dalam dalam proses jual beli tanah ulayat di Nagari Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kewajiban PPAT Sementara dalam pemeriksaan status tanah sebagai persiapan pembuatan akta jual beli tanah, untuk mengetahui kewajiban PPAT Sementara dalam meneliti persyaratan jual beli tanah di Nagari Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, dan untuk mengetahui tanggung jawab PPAT Sementara beserta akibat hukumnya apabila dalam pembuatan akta jual beli tanah di Nagari Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat tersebut terdapat data-data yang dipalsukan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum yang bersifat yuridis sosiologis, yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang berdasar fakta yang tampak. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung melalui wawancara bebas terpimpin. Data Sekunder diperoleh melalui buku-buku literatur, maupun peraturan perundang-undangan, yang berhubungan dengan penulisan hukum ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPAT Sementara di Nagari Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat sudah melaksanakan ketentuan Pasal 97 Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 1997 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tentang Pendaftaran Tanah, yaitu mengecek atau memeriksa kesesuaian sertifikat terlebih dahulu ke Kantor Pertanahan karena hal tersebut menjadi syarat pembuatan akta jual beli tanah. Akta yang dibuat PPAT Sementara merupakan salah satu sumber data bagi pemeliharaan data pendaftaran tanah. Maka, PPAT Sementara berkewajiban untuk memeriksa persyaratan jual beli tanah untuk sahnya perbuatan hukum yang bersangkutan, yakni syarat materiil dan syarat formil. Syarat materiil sangat menentukan akan sahnya jual beli tanah tersebut. Kata Kunci : Jual beli, PPAT Sementara.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Azmin Fendri,SH.,MKn
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jual beli, PPAT Sementara.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:41
Last Modified: 26 Dec 2022 02:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119853

Actions (login required)

View Item View Item