PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN AYAM KAMPUNG UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT (Study Kasus di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Laskar Andalas Kabupaten Solok Selatan)

Meldy, Eka Putra (2022) PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN AYAM KAMPUNG UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT (Study Kasus di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Laskar Andalas Kabupaten Solok Selatan). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V Penutup)
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi full text)
5. full thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya pertumbuhan populasi ayam kampung di Kabupaten Solok Selatan tepatnya Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh pada Tahun 2020. Pertumbuhan populasi ini dipengaruhi oleh tumbuh dan berkembangnya salah satu unit usaha komoditi ayam kampung yaitu MFH Farm yang berkembang menjadi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Laskar Andalas. Sebagai sebuah lembaga pelatihan didalam P4S memiliki jaringan, norma dan kepercayaan yang merupakan modal sosial. Tujuan dari penelitian adalah: 1) menggambarkan profil dan peran P4S Laskar Andalas dalam pengembangan ayam kampung di Kabupaten Solok Selatan. 2) mendeskripsikan peranan modal sosial dalam pengembangan ayam kampung untuk peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Solok Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode study kasus dengan informan penelitian P4S Laskar Andalas, KUB PM Koto Parik, Peternak Pembesaran Ayam Kampung, Rumah Makan Teras Ayam Kampung, Rumah Makan Sungai Kalu, dan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dari P4S Laskar Andalas dalam pengembangan ayam kampung adalah melakukan aktivitas bisnis ayam kampung, melakukan aktivitas penyuluhan atau pelatihan ayam kampung dan membangun kemitraan bisnis ayam kampung. Selanjutnya modal sosial yang terbentuk pada dimensi bonding social capital yaitu hubungan sosial antara P4S Laskar Andalas dengan KUB-PM Koto Parik dan Peternak Pembesaran Ayam Kampung bernilai baik. Sedangkan untuk dimensi bridging social capital yaitu hubungan sosial antara P4S Laskar Andalas dengan Rumah Makan Sungai Kalu dan Rumah Makan Teras Ayam Kampung bernilai baik. Dimensi linking social capital yaitu hubungan sosial antara P4S Laskar Andalas dengan Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan bernilai sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa modal sosial yang baik ini menjadi modal bagi P4S untuk mempu membantu semua pihak terkait dalam pengebangan usaha ayam kampung dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Helmi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: modal sosial, ekonomi masyarakat, ayam kampung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:26
Last Modified: 23 Dec 2022 02:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119845

Actions (login required)

View Item View Item