Pengaruh Penambahan Bahan Karbohidrat Dalam Pengolahan Ikan Asin Afkir Terhadap Karakteristik cairan Rumen (VFA, NH3, dan pH)

Angelina, Tania (2022) Pengaruh Penambahan Bahan Karbohidrat Dalam Pengolahan Ikan Asin Afkir Terhadap Karakteristik cairan Rumen (VFA, NH3, dan pH). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bahan karbohidrat pada pengolahan ikan asin afkir terhadap karakteristik cairan rumen (VFA, NH3, dan pH). Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan tiga perlakuan dan empat ulangan sebagai kelompok. Perlakuan terdiri dari P1 (tanpa penambahan bahan karbohidrat/kontrol), P2 (kentang), dan P3 (singkong). Parameternya adalah karakteristik cairan rumen yaitu, pH, total VFA dan kosentrasi NH3. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisa dengan metode analisis keragaman dan perbedaan rataan setiap perlakuan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nilai NH3, tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap nilai pH rumen dan total VFA. Rataan pH berkisar 6,99-7,01, total VFA berkisar 110,00–136,25 mM dan kosentrasi NH3 berkisar 23,91–26,24 mg/100 ml. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada perlakuan penambahan bahan karbohidrat kentang memberikan hasil yang terbaik terhadap nilai pH, total VFA dan kosentrasi NH3 serta dapat menurunkan kadar NaCl yang tinggi. Kata Kunci : In-vitro, Karakteristik cairan rumen, Karbohidrat, Tepung ikan asin afkir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:10
Last Modified: 23 Dec 2022 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119821

Actions (login required)

View Item View Item