STUDI FENOMENOLOGI : PERAN REMAJA DALAM BENCANA PADA KELUARGA DENGAN KELOMPOK RENTAN DI RW 12 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG

Arifa, Fildzatil (2022) STUDI FENOMENOLOGI : PERAN REMAJA DALAM BENCANA PADA KELUARGA DENGAN KELOMPOK RENTAN DI RW 12 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA FULL FILDZATIL ARIFA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelompok rentan memiliki resiko tinggi merasakan dampak yang lebih besar daripada kelompok masyarakat lainnya saat bencana. Peran remaja dinilai sangat penting dalam lapisan masyarakat dan keluarga dalam pengurangan resiko bencana karena memiliki semangat yang tinggi, penuh percaya diri, tanggap terhadap berbagai situasi sehingga diharapkan mampu melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran remaja dalam menghadapi bencana pada keluarga di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan Pendekatan deskriptif dengan metode wawancara mendalam. Pemilihan partisipan diambil dengan cara purposive sampling. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak empat orang yaitu remaja yang memiliki keluarga kelompok rentan. Teknik pengumpulan data mengunakan In-depth Interview. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah menggunakan teknik colaizzi sehingga menghasilkan tiga tema utama yaitu (1) Berperan dalam mempelajari hal-hal diluar akademik dengan dua sub tema yaitu upaya pengetahuan dan tindakan menghadapi bencana dan mobilisasi sumber daya (2) Berperan dalam melindungi keluarga dengan dua sub tema, rencana tanggap darurat dan persiapan perlengkapan keluarga (3) Berperan dalam kehidupan sosial dengan sub tema perencanaan evakuasi keluarga. Diharapkan remaja dapat menyadari pentingnya peran anak dalam keluarga sehingga lebih siap dalam menghadapi bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:37
Last Modified: 22 Dec 2022 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119752

Actions (login required)

View Item View Item