Ernis Suryani, Taufli (2014) Strategi Padang TV Dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Universitas Andalas)
201501290345th_strategi padang tv dalam mempertahankan eksistensinya sebagai tv lokal.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Padang TV merupakan salah satu TV lokal swasta kota Padang yang berdiri pada tanggal 1 Maret 2007. Kehadirannya sebagai TV lokal termuda di kota Padang, menghadapi tantangan yang tidak ringan, tidak hanya berhadapan dengan TV nasional yang lebih dahulu eksis, namun juga sesama TV lokal Padang, TV digital, dan media penyiaran lainnya. Selain itu, semakin kecilnya jangkauan audien TV lokal yang masih menggunakan sistem analog juga menjadi tantangan tersendiri bagi Padang TV. Sehingga untuk mempertahankan eksistensinya dalam industri penyiaran lokal, Padang TV melakukan berbagai strategi untuk dapat bertahan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Padang TV, dalam mempertahankan eksistensinya sebagai sebuah televisi lokal. Menggunakan teori Ekologi media oleh Dimmick dan Rothenbuhler yang mengungkapkanbahwa untuk mempertahankan eksistensinya, media memerlukan sumber penunjang hidup utama yakni, capital (pemasukan iklan), types of content (jenis isi media), dan types of audience (jenis khalayak sasaran).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara terhadap pihak manajemen Padang TV, melakukan observasi serta pengumpulan dokumendokumen yang berkenaan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinyadalam industri penyiaran lokal, Padang TV menjalankan berbagai strategi diantaranya, 1) Melakukan strategi program TV, 2) Melakukan segmentasi, targetting, dan positioning dalam merebut pasar audien, 3) Pemanfaatan teknologi internet (media baru), 4) Memperbanyakevent-event dan program-program off air serta membentuk komunitas penonton. 5) Memperbanyak event-event dan program-program off air, 6) Membentuk komunitas penonton padang TV,7) Melakukan strategi pemasaran program, 7)Mendirikan TV anak jaringan di daerah lain 8) Dan hal yang juga sangat berpengaruh terhadap eksistensi Padang TV karena Padang TV berada di bawah naungan Jawa Pos Grup yang merupakan korporasi media terbesar di Indonesia. Kata Kunci : Strategi, Eksistensi, Televisi lokal, Ekologi Media
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr Iswadi S Nupin |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 03:38 |
Last Modified: | 13 Jul 2016 03:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11971 |
Actions (login required)
View Item |