STUDI EVALUASI FUNGSI DAN STABILITAS BANGUNAN PANTAI TERHADAP ABRASI DI KOTA PADANG (Studi Kasus : Sungai Banjir Kanal – Sungai Batang Kuranji)

Zulfi, Wahyuni (2015) STUDI EVALUASI FUNGSI DAN STABILITAS BANGUNAN PANTAI TERHADAP ABRASI DI KOTA PADANG (Studi Kasus : Sungai Banjir Kanal – Sungai Batang Kuranji). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201501270831th_skripsi zulfi wahyuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pesisir Kota Padang merupakan daerah permukiman yang cukup padat dan salah satu kawasan andalan yang menjadi prioritas untuk dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kota Padang. Akan tetapi telah tejadi perubahan garis pantai yang disebabkan oleh abrasi, erosi dan sedimentasi. Permasalahan ini telah dicoba untuk mengatasinya dengan membangun groin sepanjang pantai, namun seiring dengan berjalannya waktu telah terjadi penurunan fungsi dan stabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui degradasi, fungsi dan stabilitas bangunan pantai Kota Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus berupa pengamatan,pengukuran lansung kelapangan terhadap groin yang berada antara sungai Banjir Kanal dan sungai Batang Kuranji. Hasil dari studi tersebut memperlihatkan bahwa 35% dari 20 total bangunan yang mampu menangkap sedimen diarea tersebut. Ada 5% dari 20 bangunan yang diamati berindeks 1, 10% berindeks 2 dan 85% mempunyai indeks 3, artinya bahwa bangunan tersebut sehingga perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut. Terdapat 35% bangunan belum diperbaiki dan sekitar 65% bangunan sudah diperbaiki namun masih saja terjadi penurunan elevasi bangunan, hal tersebut ditandai dengan elevasi bangunan yang tidak merata, hal ini terjadi akibat penggerusan ombak. Kata Kunci: bangunan pantai,abrasi,groin,erosi sedimentasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 13 Jul 2016 02:17
Last Modified: 13 Jul 2016 02:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11964

Actions (login required)

View Item View Item