PENGARUH PEMBERIAN SUSU FERMENTASI STARTER LACTOCOCCUS LACTIS D4 ASAL DADIH TERHADAP HISTOPATOLOGI USUS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS STRAIN WISTAR) DENGAN IKTERIK OBSTRUKSI

Syahriandra, - (2022) PENGARUH PEMBERIAN SUSU FERMENTASI STARTER LACTOCOCCUS LACTIS D4 ASAL DADIH TERHADAP HISTOPATOLOGI USUS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS STRAIN WISTAR) DENGAN IKTERIK OBSTRUKSI. Masters thesis, Universitaas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Updated Version

Download (167kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (THESIS FULL)
Tesis SY Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Setiap 1 orang dari 3 orang dengan ikterik obstruksi akan meninggal akibat komplikasi ikterus obstruktif. Tidak adanya garam empedu menyebabkan hilangnya lapisan pelindung mukosa usus, yang menyebabkan peningkatan permeabilitas dinding usus, memicu proses translokasi berbagai bakteri dari saluran usus ke sirkulasi darah sehingga dapat memicu terjadinya septikemia dan sepsis. Dadih atau biasa dikenal dengan Ampiang Dadih merupakan produk fermentasi susu kerbau. Dadih mengandung mikrobiota bakteri asam laktat yang dapat berfungsi sebagai starter susu fermentasi probiotik Lactococcus lactis D4 asal dadih pada usus halus pada penyakit kuning obstruktif secara in vivo. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen in vivo dengan menggunakan 30 ekor tikus wistar yang dibagi menjadi 3 kelompok uji. Pengamatan kondisi usus halus dilakukan secara histopatologi untuk menilai proses inflamasi dan kondisi mukosa usus. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25 dengan menggunakan metode univariat dan bivariat. Hasil: Kelompok 3 (BDL+SLLD4) menunjukkan peradangan histopatologi minimal dibandingkan dengan kontrol dan secara statistik berbeda, p<0,05. Kesimpulan: Pemberian starter susu fermentasi Lactococcus lactis D4 asal dadih mampu menurunkan respon inflamasi dan memperbaiki mukosa usus pada kondisi ikterik obstruksi secara in vivo.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. M. Iqbal Rivai, SpB(K)BD
Uncontrolled Keywords: Susu fermentasi, Starter Lactococcus lactis D4, Peradangan, Usus, Penyakit kuning obstruktif
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 23 Dec 2022 09:12
Last Modified: 23 Dec 2022 09:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119589

Actions (login required)

View Item View Item