MANAJEMEN KESAN PERSONAL GAY DI KOTA PADANG MELALUI JEJARING SOSIAL FACEBOOK (STUDI DESKRIPTIF “GAY TERTUTUP” SAAT ONLINE DAN OFFLINE)

Muhammad, Irfan (2014) MANAJEMEN KESAN PERSONAL GAY DI KOTA PADANG MELALUI JEJARING SOSIAL FACEBOOK (STUDI DESKRIPTIF “GAY TERTUTUP” SAAT ONLINE DAN OFFLINE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201501250856th_skripsi muhammad irfan - 1010862016 ilmu komunikasi fisip unand.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Homoseksual adalah salah satu jenis orientasi seksual yang dianggap menyimpang di masyarakat. Lebih dari itu, masyarakat mempunyai pandangan negatif terhadap kaum homoseksual. Sehingga, tak sedikit homoseksual yang pada akhirnya menjadi tertutup di masyarakat. Beberapa gay di Kota Padang memilih menjadi gay yang menutup dirinya akibat norma dan budaya di Kota Padang yang mayoritas beragama Islam. Sehingga, gay tersebut memilih facebook sebagai media untuk mengaktualisasikan jati dirinya sebagai gay. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kesan personal gay di kota Padang melalui jejaring sosial facebook saat online dan offline. Manajemen kesan (Impression Management) yang dilakukan merupakan hasil konstruksi gay dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan Teori Dramaturgi Erving Goffman dengan mengkaji back stage dan front stage gay tertutup pada kehidupan maya (online) dan kehidupan nyata (offline). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gay yang tertutup melakukan manajemen kesan personal laki-laki normal di kehidupan nyata akibat profesi dan ketakutannya dengan keluarga dan masyarakat. Para gay menggunakan facebook dengan alasan agar mengaktualisasikan secara bebas jati dirinya di kehidupan nyata. Mereka melakukan impression management secara verbal dan nonverbal pada back stage dan front stage baik itu dunia nyata dan dunia maya. Di dunia nyata gay menggunakan bahasa verbal dan nonverbal sebagai laki-laki normal dan di dunia maya gay menggunakan bahasa verbal dari status, profil, comment wallto- wall, dan chatting dan nonverbal terlihat dari foto atau gambar, emoticon dan video, yang menyatakan secara bebas dirinya adalah gay. Kata kunci : Gay Tertutup, Dramaturgi, Impression Management,Verbal dan Nonverbal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 12 Jul 2016 08:48
Last Modified: 12 Jul 2016 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11946

Actions (login required)

View Item View Item