PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DATA CUACA DALAM PENETAPAN JADWAL PENANAMAN JAGUNG (Zea mays. L) DI KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT

Dela, Amelia Oktari (2022) PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DATA CUACA DALAM PENETAPAN JADWAL PENANAMAN JAGUNG (Zea mays. L) DI KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB 5 Pendahuluan)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Analisis cluster merupakan salah satu teknik statistik yang ditujukan untuk mengelompokkan variabel atau objek ke dalam beberapa kelompok tertentu dimana setiap variabel atau objek yang terbentuk memiliki sifat dan karakteristik yang berdekatan. Salah satu jenis cluster adalah algoritma K-Means Clustering yang merupakan clustering non hirarki yang berusaha mempartisi data yang ada kedalam bentuk satu atau lebih cluster/kelompok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengelompokkan data cuaca tahun 2010 sampai dengan 2020 dan menentukan jadwal tanam jagung di Kecamatan Sungai Beremas. Berdasarkan data hasil Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Pasaman Barat termasuk daerah penghasil jagung terbesar di Provinsi Sumatera Barat. Produktivitas jagung di Pasaman Barat mengalami penurunan dan kenaikan pada tahun tertentu. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan tersebut adalah cuaca dan iklim. Untuk itu diperlukan pengelompokkan bulan yang tepat untuk jadwal penanaman jagung agar mengurangi gagal panen. Metode ini untuk mengetahui bulan yang sesuai untuk penanaman jagung di Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat. Data yang diolah awalnya akan distandarisasi terlebih dahulu dengan rumus Z-Score. Hasil standarisasi data akan digunakan untuk mencari jarak antara cluster dengan centroid dimana penentuan centroid ditentukan dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil jarak akan mengelompokkan data sesuai dengan banyak cluster. Hasil cluster yang didapat selanjutnya diolah dengan Metode Elbow dengan menghitung nilai SSE (Sum of Square Error). Lebih lanjut, didapatkan cluster terpilih pada setiap tahun dan didapatkan bulan yang terpilih untuk penanaman jagung di Kecamatan Sungai Beremas adalah bulan Februari dan Desember.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc
Uncontrolled Keywords: K-Means, Clustering, Cuaca, Jagung, Elbow
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:16
Last Modified: 20 Dec 2022 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119375

Actions (login required)

View Item View Item