Pengaruh Penggunaan Tepung Maggot Black Soldier Fly (Hermetia Illucens) dalam Ransum terhadap Performa Ayam KUB Periode Starter

Taufik, Rahman (2022) Pengaruh Penggunaan Tepung Maggot Black Soldier Fly (Hermetia Illucens) dalam Ransum terhadap Performa Ayam KUB Periode Starter. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Bab I)
Surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Bab V)
Surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung maggot (Black Soldier Fly) terhadap performa ayam KUB pada periode starter. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOC ayam KUB yang dipelihara selama enam minggu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang digunakan pada penelitian ini adalah perlakuan R0 (0% tepung maggot), R1 (9% tepung maggot), R2 (18% tepung maggot), R3 (27% tepung maggot), R4 (36% tepung maggot). Ransum perlakuan disusun dengan isoprotein 19% dan isoenergi 2900 kkal/kg. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil penelitian didapatkan penggunaan tepung maggot dalam ransum berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, akan tetapi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Penggunaan tepung maggot sampai level 18% dalam ransum tidak menurunkan pertambahan bobot badan dan tidak menaikkan konversi ransum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan tepung maggot sampai level 18% di dalam ransum ayam KUB periode starter dapat mempertahankan konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 242 gr/ekor/minggu, pertambahan bobot badan 92,3 gr/ekor/minggu, dan konversi ransum 2,63. Kata kunci: Tepung Maggot, ayam KUB, performa produksi, BSF.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Wizna, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:57
Last Modified: 21 Dec 2022 01:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119360

Actions (login required)

View Item View Item