Potensi Pengembangan Ternak Sapi Potong Berdasarkan Sumber Daya Keluarga Peternak Di Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Sumatara Barat

Martalino, Werno (2022) Potensi Pengembangan Ternak Sapi Potong Berdasarkan Sumber Daya Keluarga Peternak Di Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Sumatara Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Full text)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung, menganalisis potensi ketersediaan lahan untuk menghasilkan pakan ternak, kapasitas penambahan ternak sapi potong serta meningkatkan potensi sumber daya manusia dalam pengembangan ternak sapi di Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan metode desk study, dimana data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian dapat diambil bahwa Karakteristik sumber daya manusia peternak di Kecamatan Ampek Nagari pada umumnya berusia produktif (74,66%), dengan berpengalaman beternak 16-30 tahun (44%), tingkat pendidikan masih rendah SD (36%) dengan pendidikan non formal (56%) belum mengikuti penyuluhan atau pelatihan, dan rata-rata jumlah ternak yang dimiliki 1-5 ekor (61,33%). Potensi maksimum berdasarkan keluarga peternak di Kecamatan Ampek Nagari didapatkan 174,75 ST dari 75 keluarga peternak sapi potong. Diketahui populasi sapi potong pada tahun 2022 yaitu 240,5 ST, ini menunjukkan potensi maksimum berdasarkan anggota keluarga peternak tidak berpotensi, sedangkan potensi sumber daya alam berdasarkan sumber daya keluarga peternak berpotensi dan dapat menampung populasi penambahan ternak sapi potong sebesar 162,43 ST. Kata Kunci : Ketersediaan Lahan Pakan, Penambahan Ternak, Sapi Potong, Satuan Ternak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Dwi Yuzaria
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:20
Last Modified: 21 Dec 2022 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119319

Actions (login required)

View Item View Item