Komunikasi Interpersonal Petugas Rumah Sakit dengan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Padang Panjang)

Fani, Amanda Dorik (2022) Komunikasi Interpersonal Petugas Rumah Sakit dengan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Padang Panjang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak only.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1..pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5..pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fani Amanda Dorik fix 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal dalam kesehatan mempelajari mengenai relasi yang berpengaruh pada kesehatan, dan berfokus pada studi tentang bagaimana penyedia pelayanan kesehatan dan konsumen secara tatap muka dalam edukasi kesehatan. Kendati demikian komunikasi yang berlangsung di instansi kesehatan tidak selalu berjalan dengan baik antara petugas dengan pasien, begitu juga antara sesama petugas rumah sakit. Petugas rumah sakit memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat melalui komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan komunikasi interpersonal petugas rumah sakit dengan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Kota Padang Panjang, serta hambatan komunikasi yang diterapkan petugas rumah sakit dengan pasien. Penelitian ini menggunakan teori kompetensi komunikasi dengan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ketiga pengumpulan data tersebut berasal dari pengamatan yang peneliti lakukan di Rumah Sakit Umum Kota Padang Panjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam komunikasi interpersonal petugas RSUD Kota Padang Panjang dengan pasien pada implikasinya belum seluruh petugas rumah sakit bekerja sesuai harapan, pada bagian administrasi yang rumit dan misscommunication antara petugas menjadi kendala terbesar yang ada di RSUD Padang Panjang, hal ini disertai dengan tidak terlaksananya evaluasi rumah sakit selama 3 tahun berturut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Petugas Rumah Sakit, RSUD Padang Panjang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:51
Last Modified: 19 Dec 2022 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119211

Actions (login required)

View Item View Item