Optimalisasi Sistem Kendali Kursi Roda Untuk Manuver Disekitar Rintangan Menggunakan Sensor Leap Motion Dan Metode K-Means

SYAHRONI, SYAHRONI (2022) Optimalisasi Sistem Kendali Kursi Roda Untuk Manuver Disekitar Rintangan Menggunakan Sensor Leap Motion Dan Metode K-Means. Masters thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Syahroni(1920952006)Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Syahroni(1920952006)Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
Syahroni(1920952006)Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Syahroni(1920952006)Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Tesis Full)
Syahroni(1920952006).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Disabilitas merupakan fenomena kompleks yang mencerminkan interaksi fisik seseorang dengan masyarakat dan lingkungan disekitarnya, penyandang disabilitas tidak dapat melakukan kegiatan atau aktifitas sehari-hari secara normal. Tuna daksa adalah kondisi tubuh yang memiliki gangguan gerak disebabkan oleh kelainan atau kecacatan sistem otot, tulang dan persendian yang bersifat bawaan, sakit atau akibat kecelakaan, tuna daksa memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam berbagai aspek kehidupan dan penghidupan, terutama dalam melakukan aktifitas sehari-hari termasuk mendapatkan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan. Kursi roda elektrik adalah salah satu alat bantu tuna daksa dalam berinteraksi dengan lingkungannya, kursi roda elektrik membutuhkan sistem pengendali agar dapat beroperasi, salah satunya yang digunakan penelitian ini adalah sensor leap motion sebagai pengenal gestur pergelangan tangan dan metode k-means untuk pembacaan atribut gesturya. Selain sistem pengendali kursi roda perlu diperhatikan stabilitas dan kemampuan bermanuver yang harus dioptimalkan dan diuji dengan pengujian pada lintasan dengan lima buah rintangan, kursi roda pada penelitian ini mampu bermanuver dengan rata-rata tingkat akurasi pengendalian kursi roda saat pengujian sistem adalah sebesar 96,05%. dengan waktu tempuh rata-rata 38,174 detik dan pengenalan gestur menggunakan metode k-means dengan akurasi 99,43% sehingga tingkat stabilitas dan kelancaran kursi roda lebih baik. Kata kunci: disabilitas, k-means, Leap Motion, manuver, kursi roda elektrik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: s2 teknik elektro
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:04
Last Modified: 19 Dec 2022 02:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118956

Actions (login required)

View Item View Item