Implementasi Business Intelligence dan Prediksi Menggunakan Regresi Linear pada Data Penjualan dan Breakage Departemen Beverage Divisi FMCG di Transmart Padang

Salma, Hanifah (2022) Implementasi Business Intelligence dan Prediksi Menggunakan Regresi Linear pada Data Penjualan dan Breakage Departemen Beverage Divisi FMCG di Transmart Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text SALMA HANIFAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Transmart Padang adalah perusahaan bisnis ritel yang memanfaatkan teknologi untuk memperoleh informasi. Departemen Beverage Transmart Padang merupakan departemen yang mengelola transaksi penjualan dan pemusnahan barang (breakage) berupa minuman dingin, kaleng, dan botol. Setiap hari karyawan membuat laporan transaksi penjualan dan breakage dengan mengunduh transaksi yang terjadi satu hari sebelumnya pada Aplikasi Krofit lalu diolah dengan menggunakan Microsoft Excel. Sales manager akan menganalisis tren penjualan, barang yang laku, dan barang yang banyak di-breakage lalu membandingkan laporan tersebut dengan penjualan per hari, per bulan, dan per tahun sebelumnya. Banyaknya data yang dimiliki membuat proses kompilasi data pada Microsoft Excel menjadi lama dan kurang interaktif. Oleh karena itu dibutuhkan implementasi Business Intelligence (BI) untuk memudahkan proses pengolahan data dan menghasilkan visualisasi yang lebih interaktif sehingga sales manager dapat lebih mudah dalam menganalisis informasi. Metode yang digunakan adalah metode tahapan roadmap BI oleh Moss dan Attre. Proses Extract, Transform, dan Load (ETL) untuk perancangan data mart dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Pentaho Data Integration (PDI), proses pembuatan model regresi linear dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) dan visualisasi dashboard dilakukan menggunakan Microsoft Power BI. Hasil dari visualisasi berupa dashboard penjualan, dashboard breakage, dan dashboard yang berisi prediksi terhadap total penjualan dengan menggunakan model regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modal berpengaruh positif terhadap Total Penjualan pada data penjualan Departemen Beverage. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 35.098.955,36 + 0,873X. Hasil Uji-t didapatkan t hitung (68,783) > t tabel (2,012) dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Dengan demikian keputusan yang diambil yaitu menerima hipotesis alternatif (H1) dan menolak hipotesis nol (Ho). Nilai koefisien determinasi mencapai 0,99 atau sebesar 99% yang berarti bahwa variabel Modal mempengaruhi Total Penjualan, sementara sisanya sebesar 1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc. Rahmatika Pratama Santi, M.T.
Uncontrolled Keywords: Departemen Beverage Transmart Padang, Business Intelligence, Visualisasi, Dashboard, Regresi Linear
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 16 Dec 2022 06:55
Last Modified: 16 Dec 2022 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118764

Actions (login required)

View Item View Item