PENGARUH KONSENTRASI GIBERELIN (GA3) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KALE (Brassica Oleracea Var. Palmifolia.) DENGAN METODE HIDROPONIK NUTRIENT FILM TECHNIQUE (NFT)

Arif Harry, Budiman (2022) PENGARUH KONSENTRASI GIBERELIN (GA3) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KALE (Brassica Oleracea Var. Palmifolia.) DENGAN METODE HIDROPONIK NUTRIENT FILM TECHNIQUE (NFT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Budidaya tanaman kale menggunakan hidroponik NFT merupakan salah satu sistem pertanian modern karena dapat diusahakan di berbagai tempat. Pada umumnya budidaya hidroponik kale hanya mengandalkan nutrisi dengan dosis yang telah ditetapkan. Salah satu alternatif untuk memacu pertumbuhan dan meningkatkan hasil kale adalah dengan penambahan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Giberelin (GA3). Penelitian ini telah dilaksanakan di kebun hidroponik 55 Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, pada bulan Juli – September 2022. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh GA3 terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kale yang ditanam menggunakan metode hidroponik Nutrient Film Technique, dan juga untuk mendapatkan konsentrasi GA3 terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kale yang ditanam dengan metode hidroponik Nutrient Film Technique. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang diuji adalah pengaruh GA3 yang terdiri dari 5 taraf perlakuan dimana konsentrasi larutan Giberelin yang digunakan adalah 0 ppm, 20 ppm, 40 ppm, 60 ppm, dan 80 ppm. Data hasil pengamatan dianalisis dengan Sidik Ragam dengan taraf 5%. Hasil yang didapatkan adalah pemberian konsentrasi larutan GA3 dapat memberikan pengaruh yang dapat meningkatkan hasil tanaman kale dengan metode hidroponik NFT, dimana konsentrasi GA3 terbaik yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kale adalah 60 ppm. Kata kunci: giberelin, hidroponik, konsentrasi, kale, NFT

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Benni Satia, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:16
Last Modified: 19 Dec 2022 01:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118735

Actions (login required)

View Item View Item