IDENTIFIKASI PENCEMARAN AIR SUNGAI BATANG LEMBANG DI KOTA SOLOK BERDASARKAN TINJAUAN FISIKA DAN KIMIA

Rani, Masita (2022) IDENTIFIKASI PENCEMARAN AIR SUNGAI BATANG LEMBANG DI KOTA SOLOK BERDASARKAN TINJAUAN FISIKA DAN KIMIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pencemaran air sungai Batang Lembang di Kota Solok berdasarkan parameter fisika dan kimia. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak enam titik di sepanjang aliran sungai di Kota Solok. Identifikasi dilakukan berdasarkan parameter temperatur, konduktivitas listrik, pH, Total Dissolved Solid (TDS), kandungan logam berat (Hg dan Pb), dan kandungan fosfat. Analisis tingkat pencemaran menggunakan metode Indeks Pencemaran air (IP). Berdasarkan nilai IP, air sungai Batang Lembang di Kota Solok dikategorikan tercemar ringan dengan nilai IP rata-rata sebesar 1,124. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa diantara tujuh parameter hanya parameter fosfat yang telah melebihi standar batas baku mutu air sungai kelas II menurut Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001. Nilai rata-rata temperatur air di sungai Batang Lembang adalah 31°C. Nilai ini lebih tinggi dari temperatur udara di sekitarnya yaitu 30°C Nilai rata-rata pH sampel air adalah 7,5 yang bersifat basa. Nilai konduktivitas listrik sampel air berkisar antara antara 136 µS/cm hingga 196 µS/cm dengan nilai rata-rata yaitu 174 µS/cm. Nila rata-rata TDS sampel air adalah 87 mg/L. Konsentrasi tertinggi kandungan Hg dalam sampel air adalah 0,0010 mg/L yang berada tepat pada batas baku mutu dan nilai Pb dalam semua sampel kecil dari 0,002 mg/L yang belum melebihi nilai batas baku mutu sebesar 0,03 mg/L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Afdal, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sungai Batang Lembang, temperatur, pH, konduktivitas listrik, TDS, kandungan logam berat, kandungan fosfat
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 15 Dec 2022 08:52
Last Modified: 15 Dec 2022 08:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118710

Actions (login required)

View Item View Item