STUDI KASUS : GAMBARAN PERAN KADER SIAGA BENCANA PADA KESIAPSIAGAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 5 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

YUHRIZON, KASIRO (2022) STUDI KASUS : GAMBARAN PERAN KADER SIAGA BENCANA PADA KESIAPSIAGAN DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 5 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (BAB I)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
KARYA ILMIAH AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peran kader dalam upaya antisipasi maupun menangani keadaan bencana dianggap sangat penting. Kader bertugas menyampaikan kepada masyarakat karena setiap masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana dengan menambah pengetahuan, mengikuti pelatihan dan simulasi bencana yang diadakan oleh organisasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran kader siaga bencana pada kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di RW 5 Pasie Nan Tigo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah dua belas orang dengan total sampel lima orang yang ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang menggunakan panduan wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan tiga tema utama dan dua subtema yaitu (1) Pengetahuan kader tentang peran kader siaga bencana dengan sub tema pengertian kader siaga bencana dan peran kader siaga bencana (2) Hambatan selama berperan sebagai kader siaga bencana dan (3) Peran dan dukungan pemerintah selama menjadi kader siaga bencana. Berdasarkan hasil penelitian maka diperlukan kesadaran kader untuk menjalankan dan diperlukan dukungan dari pemerintah untuk optimal peran kader di masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp., MN., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kader Siaga Bencana, Peran Kader Siaga Bencana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:59
Last Modified: 15 Dec 2022 03:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118704

Actions (login required)

View Item View Item