RESPON PERTUMBUHAN DAN AKUMULASI METABOLIT SEKUNDER KARAMUNTING (Rhodomyrtus tomentosa (Aiton) Hassk.) AKIBAT PAPARAN SINAR ULTRAVIOLET (UV)

Shintiya, Rahmadhani Putri (2022) RESPON PERTUMBUHAN DAN AKUMULASI METABOLIT SEKUNDER KARAMUNTING (Rhodomyrtus tomentosa (Aiton) Hassk.) AKIBAT PAPARAN SINAR ULTRAVIOLET (UV). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (BAB V)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat menembus lapisan ozon, UV-A dan sebagian kecil UV-B, yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan tanaman. Tumbuhan di daerah tropis umumnya terpapar intensitas cahaya tinggi, termasuk UV. Karamunting (Rhodomyrtus tomentosa) merupakan tumbuhan heliophytic yang diperkirakan telah adaptif terhadap paparan UV. Penelitian ini dirancang untuk melihat pengaruh paparan UV dilingkungan terhadap pertumbuhan dan akumulasi metabolit sekunder pada anakan karamunting. Penelitian ini dilaksanakan di kampus Universitas Andalas, Padang pada ketinggian sekitar 255 mdpl selama 2 bulan (April – Juni, 2022). Metode eksperimental digunakan untuk menganalisis perbandingan respon antara anakan karamunting tidak terpapar dan terpapar UV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan signifikan (uji t-test, p < 0,05) antara tanaman tidak terpapar dengan terpapar UV pada parameter pertambahan tinggi, jumlah daun, luas daun dan kandungan klorofil. Hasil analisis regresi terhadap tinggi anakan dan pertambahan tinggi selama perlakuan menunjukkan bahwa usia anakan yang digunakan sebagai sampel mempengaruhi respon terhadap paparan UV. Hasil analisis metabolit sekunder memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kandungan antosianin yang signifikan pada anakan karamunting yang terpapar UV namun tidak untuk kandungan flavonoid. Berdasarkan hal tersebut, pertumbuhan anakan karamunting secara umum tidak terpengaruh oleh paparan UV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Idris
Uncontrolled Keywords: Heliophytic, karamunting, metabolit sekunder, pertumbuhan, ultraviolet
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:02
Last Modified: 16 Dec 2022 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118699

Actions (login required)

View Item View Item