Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keikutsertaan Petani Terhadap Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) Pada Kelompok Tani di Kecamatan Pariaman Selatan

AINI, AZKIA (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keikutsertaan Petani Terhadap Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) Pada Kelompok Tani di Kecamatan Pariaman Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I (2).pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pelaksanaan program AUTP di Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keikutsertaan petani dalam program asuransi usahatani padi di Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. Penelitian ini dilakukan pada 30 Juni-30 Juli 2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode survey. Jumlah penggunaan sampel 119 sampel dengan persentase 15% dati total populasi 794. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan program AUTP di Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman bantuan premi yang telah disusun oleh Direktorat jenderal prasarana dan sarana Kementerian Pertanian dalam aspek, syarat mengikuti AUTP, risiko yang dijamin AUTP, ganti rugi dalam AUTP, penetapan premi serta harga dan jangka waktu pertanggungan AUTP, dan mekanisme pelaksanaan AUTP sedangkan pada aspek pengorganisasian tidak sesuai. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keikutsertaan petani terhadap program Asuransi Usahatani Padi di Kecamatan Pariaman Selatan didapatkan pengaruh yang signifikan yaitu umur, frekuensi gagal panen, manfaat AUTP, intensitas yang dijamin, dan kehadiran sosialisasi sedangkan luas lahan, pendidikan dan status kepemilikan lahan merupakan faktor yang tidak berpengaruh terhadap keikutsertaan petani dalam program AUTP. Adapun saran yang diberikan mengevaluasi kembali syarat ganti rugi dan memperhatikan teknis dalam memberikan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:19
Last Modified: 15 Dec 2022 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118698

Actions (login required)

View Item View Item