Pengaruh Beberapa Level Protein Ransum Berbasis Keong Mas (Pomacea sp) Terhadap Performa Itik Pitalah Betina Periode Starter

Ramadhan, Mohamad Dhyo (2022) Pengaruh Beberapa Level Protein Ransum Berbasis Keong Mas (Pomacea sp) Terhadap Performa Itik Pitalah Betina Periode Starter. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB V (Kesimpulan))
BAB V.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa level protein ransum berbasis Keong Mas (Pomacea sp) terhadap performa itik Pitalah betina periode starter. Penelitian ini menggunakan 100 ekor itik Pitalah betina. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang kotak (box) dengan ukuran 75x60x50 cm perunit sebanyak 20 unit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan yang terdiri dari perlakuan A (ransum dengan protein 14%), perlakuan B (ransum dengan protein 16%), perlakuan C (ransum dengan protein 18%), dan perlakuan D (ransum dengan protein 20%) dan 5 kelompok bobot badan sebagai ulangan. Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian protein ransum berbasis Keong Mas selama penelitian memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum dan pertumbuhan bobot badan itik Pitalah. Namun pada konversi ransum itik Pitalah menunjukkan pengaruh nyata (P<0,05). Rataan konsumsi ransum berkisar antara 717,72 – 719,47 g/ekor/minggu, pertambahan bobot badan berkisar antara 136,13 – 155,63 g/ekor/minggu, dan konversi ransum berkisar antara 4,80 – 5,73. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian protein ransum berbasis Keong Mas sampai level 20% dapat memberikan pengaruh sangat nyata terhadap konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan, serta memberikan pengaruh nyata terhadap konversi ransum itik Pitalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:20
Last Modified: 16 Dec 2022 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118633

Actions (login required)

View Item View Item