Perancangan Prototipe Sistem Lampu Lalu Lintas Otomatis dengan Penjejakan Kendaraan Menggunakan Motion Detection-Blob dan Pengontrolan Berbasis Fuzzy Logic

ALFI, FAUZI. Y (2016) Perancangan Prototipe Sistem Lampu Lalu Lintas Otomatis dengan Penjejakan Kendaraan Menggunakan Motion Detection-Blob dan Pengontrolan Berbasis Fuzzy Logic. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lalu lintas memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menghindari penumpukan kendaraan dan kemacetan lalu lintas, kita perlu sistem lampu lalu lintas otomatis. Perancangan prototipe sistem lampu lalu lintas menggunakan kamera video sebagai penjejak dan penghitung kendaraan. Prototipe ini dibuat dalam bentuk persimpangan 3 yang pada umumnya memiliki jalur utama yang padat kendaraan dan jalur yang sepi kendaraan. Pendeteksian kendaraan menggunakan Subctraction Method Motion Detection dan Blob Detection. Kemudian dilakukan penghitungan kendaraan menggunakan bantuan garis hitung pada layar video. Penghitungan bekerja apabila kendaraan melewati garis hitung tersebut. Selanjutnya logika fuzzy mengontrol durasi lampu hijau sesuai dengan inputan volume kendaraan di jalur sepi kendaraan. Arsitektur prototipe sistem lampu lalu lintas otomatis dibagi menjadi tiga komponen utama: kamera video, komputer yang menggunakan aplikasi Microsoft Visual C++ dan Arduino Uno sebagai mikrokontroler. Hasil percobaan menunjukkan bahwa terdapat 50% error untuk penghitungan jumlah kedatangan kendaraan dan 30 % error untuk penghitungan jumlah antrian kendaraan pada 10 kali percobaan. Nilai minimum untuk durasi lampu hijau yang dihasilkan logika fuzzy yaitu 0 detik dan nilai maksimumnya 15 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:31
Last Modified: 30 Jun 2016 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item