PENGARUH PERENDAMAN KULIT UBI KAYU DENGAN DOSIS KAPUR SIRIH DAN LAMA PERENDAMAN YANG BERBEDA TERHADAP KECERNAAN LEMAK KASAR (LK), KECERNAAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN) dan KECERNAAN PROTEIN KASAR (PK) SECARA IN VITRO

ALFINO, ALFINO (2022) PENGARUH PERENDAMAN KULIT UBI KAYU DENGAN DOSIS KAPUR SIRIH DAN LAMA PERENDAMAN YANG BERBEDA TERHADAP KECERNAAN LEMAK KASAR (LK), KECERNAAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN) dan KECERNAAN PROTEIN KASAR (PK) SECARA IN VITRO. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (skripsi full)
Skripsi Full.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman kulit ubi kayu dengan dosis kapur sirih dan lama perendaman yang berbeda terhadap kecernaan lemak kasar, kecernaan bahan ekstrak tanpa nitrogen dan kecernaan protein kasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan yaitu Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari kombinasi 9 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah perlakuan A : kapur sirih 0% lama perendaman 1 jam; perlakuan B : kapur sirih 0,25% lama perendaman 1 jam; perlakuan C : kapur sirih 0,50% lama perendaman 1 jam; perlakuan D : kapur sirih 0% lama perendaman 2 jam; perlakuan E : kapur sirih 0,25% lama perendaman 2 jam; perlakuan F : kapur sirih 0,50% lama perendaman 2 jam; perlakuan G : kapur sirih 0% lama perendaman 3 jam; perlakuan H : kapur sirih 0,25% lama perendaman 3 jam; perlakuan I : kapur sirih 0,50% lama perendaman 3 jam. Parameter yang diamati adalah kecernaan lemak kasar, kecernaan BETN, dan kecernaan protein kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman kulit ubi kayu dengan dosis kapur sirih dan lama perendaman yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan lemak kasar, kecernaan BETN dan kecernaan protein kasar secara in vitro. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil perendaman kulit ubi kayu dengan kapur sirih 0,5% selama 2 jam mampu meningkatkan kecernaan lemak kasar, kecernaan BETN, dan kecernaan protein kasar dengan nilai masing-masing yaitu 57,40%, 69,28%, dan 56,82%. Kata Kunci : kulit ubi kayu, kapur sirih, kecernaan, zat makanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:42
Last Modified: 14 Dec 2022 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118530

Actions (login required)

View Item View Item