STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN TENAGA KESEHATAN TENTANG SISTEM PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN PADA FASILITAS PELAYANAN PRIMER DI KOTA JAMBI TAHUN 2014.

KAMARIYAH, KAMARIYAH (2014) STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN TENAGA KESEHATAN TENTANG SISTEM PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN PADA FASILITAS PELAYANAN PRIMER DI KOTA JAMBI TAHUN 2014. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (TESIS FULLTEXT)
Kamariyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan, memiliki tanggung jawab menyelenggarakan program pemerintah terkait sistem jaminan riter kesehatan. Jaminan pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative oleh fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan yang dipersiapkan menjalakan program pemerintah yaitu semua fasilitas pemerintah dan swasta yang bekerja sama dengan BPJS. Sosialisasi yang belum merata, pada pelaksanaannya mengalami kesulitan, karena sistem pelayanan tersebut belum dipahami dengan baik, yang memicu terjadinya permasalahan dalam pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pengalaman tenaga kesehatan tentang sistem pelayanan kesehatan primer di kota Jambi Tahun 2013. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, studi fenomenologi deskriftif yang menekankan pada subjektifitas pengalaman hidup manusia tanpa terpengaruh teori dan asumsi sebelumnya, pendekatan ini peneliti anggap dapat digunakan untuk mengekplorasi pengalaman Tenaga kesehatan terhadap masalah yang dirasakan selama memberikan pelayanan kepada peserta BPJS kesehatan. Partisipan dalam penelitian ini adalah dokter dan perawat yang bekerja di fasilitas primer/ Puskesmas perawatan, dipilih sesuai dengan riteria yang telah ditetapkan sebanyak 16 partisipan. Metode pengambilan sampel purposive sampling, dengan analisa data metode Colaizzi. Pengujian data yaitu uji Credibility dengan member check, Tranferability, Dependability dan Confirmability. Hasil penelitian tentang pengalaman Tenaga kesehatan tersebut adalah 1) Prosedur sistem pelayanan BPJS tidak berbeda secara bermakna dengan prosedur pelayanan Askes dan Jamkesmas, 2) Sistem pelayanan BPJS kesehatan lebih bermanfaat bagi masyarakat. 3) Sistem pelayanan BPJS menimbulkan permasalahan bagi pasien, perawat dan dokter, 4) Perawat dan dokter menyelesaikan masalah secara langsung dan bersifat sementara serta tidak langsung, 5) Sistem pelayanan BPJS dipersepsikan berbeda oleh masing-masing perawat dan dokter. Kurangnya pemahaman terhadap sistem pelayanan memicu timbulnya permasalahan dan perbedaan persepsi. Saran; melakukan sosialisasi kembali sistem pelayanan BPJS kesehatan, pemenuhan kebutuhan fasilitas penunjang dan pengoptimalan SIM administrasi dan pelayanan. Kata Kunci: Pengalaman, tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan primer, sistem pelayanan BPJS kesehatan. Daftar pustaka : 64 (tahun 2002-2014).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 29 Jun 2016 08:45
Last Modified: 29 Jun 2016 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item