STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN REMAJA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI RW 01 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022

Lara, Claudya (2022) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN REMAJA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI RW 01 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text ((Bab 5 Penutup))
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (Fulltext)
KIA_LARA CLAUDYA_2141312019_FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi Indonesia yang rentan bencana seharusnya dapat diimbangi dengan upaya peningkatan kesiapsiagaan bencana agar masyarakat dapat memahami risiko yang dapat timbul akibat kejadian bencana dan dapat mengurangi dampak dari bencana tersebut. Remaja merupakan komponen masyarakat yang punya potensi untuk dilibatkan pada kesiapsiagaan bencana.. Remaja di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo merupakan kelompok yang aktif berpatisipasi dan memiliki potensi yang sangat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan remaja dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case study research. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan In-depth Interview yang dilakukan pada tanggal 7-8 Juli 2022 di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Jumlah partisipan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang partisipan remaja. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan empat tema yaitu : (1) Pengetahuan remaja tentang bencana (2) Rencana tanggap darurat ketika terjadi bencana (3) Sistem peringatan bencana (4) Mobilisasi sumber daya. Hasil temuan merekomendasikan agar remaja dibekali dan diberi ruang untuk terlibat dalam upaya pengurangan risiko bencana dengan melibatkan remaja dalam kegiatan peningkatan kapasitas baik individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Rika Sabri, M. Kep., Sp. Kep. Kom
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Remaja, Gempa Bumi, Tsunami
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:34
Last Modified: 14 Dec 2022 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118516

Actions (login required)

View Item View Item