STUDI FENOMENOLOGI : KESIAPSIAGAAN KELUARGA MENGHADAPI GEMPA BUMI DI RW 13 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Rahmah Er, Ramadhani (2022) STUDI FENOMENOLOGI : KESIAPSIAGAAN KELUARGA MENGHADAPI GEMPA BUMI DI RW 13 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (Bab V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Fulltext KIA)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelurahan Pasie Nan Tigo merupakan kawasan yang rawan akan bencana. Oleh karena itu perlunya kesiapsiagaan masyarakat, terutama keluarga yang merupakan struktur terkecil dari masyarakat dalam menghadapi bencana guna untuk mengurangi risiko terjadinya bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran kesiapsiagaan keluarga menghadapi bencana gempa bumi di RW 13 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah partispan pada penelitian ini yaitu 5 lima partisipan. Dari hasil penelitian didapatkan dua tema yaitu: (1) Belum optimalnya rencana tanggap darurat saat terjadi gempa bumi dengan 4 sub tema keluarga sudah menyiapkan tas siaga, belum terdapat tempat berlindung di dalam rumah, keluarga sudah mengetahui rute evakuasi, dan rencana untuk merespon keadaan darurat (2) Belum optimalnya pemahaman keluarga terkait cara mengamankan diri . Diharapkan keluarga ikut dalam pelatihan bencana gempa bumi sehingga bisa mengaplikasikan langsung ketika terjadi bencana. Kata kunci : Gempa bumi, Kesiapsiagaan, Keluarga Daftar pustaka : 26 (2012 – 2021)

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Deswita, M.Kep., Sp.Kep.An
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:32
Last Modified: 14 Dec 2022 07:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118495

Actions (login required)

View Item View Item