PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR MEMANDIKAN DAN PERAWATAN TALI PUSAT TERHADAP KEJADIAN OMPALITIS PADA BAYI DI RSUD Dr. M. ZEIN PAINAN

INDARYANI, INDARYANI (2014) PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR MEMANDIKAN DAN PERAWATAN TALI PUSAT TERHADAP KEJADIAN OMPALITIS PADA BAYI DI RSUD Dr. M. ZEIN PAINAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (TESIS FULLTEXT)
Indaryani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Infeksi tali pusat (ompalitis) merupakan infeksi yang paling sering terjadi pada tali pusat bayi. Memandikan dan perawatan tali pusat bayi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya ompalitis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan standar memandikan dan perawatan tali pusat sesuai SOP terhadap kejadian ompalitis pada bayi. penelitian metode kuasi-eksperimen dengan post test-only non equivalent control group yang dilakukan pada 32 orang bayi. Pengambilan sampel dengan tehnik accidental sampling. Data dianalisa menggunakan uji Mann Withney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standar memandikan dan perawatan tali pusat sesuai SOP berpengaruh signifikan terhadap kejadian ompalitis (p=0,03, α=0,05). Penelitian ini merekomendasikan agar memandikan dan perawatan tali pusat sesuai dengan SOP sebagai salah satu cara untuk menurunkan kejadian ompalitis pada bayi. Kata kunci: ompalitis, standar operasional prosedur, bayi. Daftar Pustaka : 50 (2000 – 2013)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 29 Jun 2016 08:37
Last Modified: 29 Jun 2016 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item