STRATEGI PEMASARAN PRODUK CAKE BENGKUANG PADA USAHA WH8 DI KOTA PADANG

HANNA, NOVRITA PUTRI (2014) STRATEGI PEMASARAN PRODUK CAKE BENGKUANG PADA USAHA WH8 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
HannaNovritaP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 28 Maret – 27 April 2014 yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil produk Cake Bengkuang pada usaha WH8 dan merumuskan strategi pemasaran yang akan diterapkan pada produk Cake Bengkuang WH8. Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai oleh pemilik usaha ini adalah menjadikan Cake Bengkuang makanan yang dikenal oleh masyarakat sebagai produk oleh-oleh dari Kota Padang yang dicari oleh pendatang. Pada usaha ini terdapat promosi yang masih kurang, daerah distribusi yang masih kecil dan ketahanan produk yang tidak tahan lama. Industri ini tergolong industri kecil dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 9 orang. Pertumbuhan penjualan yang masih lamban menyebabkan perlunya strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh usaha WH8. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan Matriks IFE dan IFE pada tahap masukan, analisa SWOT pada tahap pencocokan dan matriks QSP pada tahap keputusan. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan, bahwa usaha ini merupakan satu-satunya usaha pengolahan bengkuang berupa cake di Kota Padang. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Strategi alternatif yang dihasilkan adalah 1) memperluas daerah pemasaran Cake Bengkuang, 2) memperbaiki kemasan dan label produk, 3) melakukan promosi yang lebih intensif, 4) melakukan modifikasi produk, 5) meningkatkan kualitas produk dan pelayanan usaha, 6) memperbaiki produk dan mempertahankan mutu produk. Strategi prioritas usaha Cake Bengkuang WH8 adalah memperluas daerah pemasaran Cake Bengkuang dengan cara membuka toko sendiri dan membangun hubungan kerjasama dengan pusat oleh-oleh dan hotel yang tersebar di Kota Padang. Kata kunci: Cake bengkuang, Pemasaran, Strategi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 29 Jun 2016 08:31
Last Modified: 29 Jun 2016 08:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11840

Actions (login required)

View Item View Item