STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN LANSIA DENGAN GANGGUAN PENGLIHATAN TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DI RW 02 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

MIFTAHURAHMI, MIFTAHURAHMI (2022) STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN LANSIA DENGAN GANGGUAN PENGLIHATAN TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DI RW 02 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (KIA)
KARYA ILMIAH UTUH MIFTAHURRAHMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bencana gempa bumi merupakan salah satu potensi bencana yang sering terjadi di wilayah RW 02 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Lansia dengan gangguan penglihatan merupakan kelompok rentan saat terjadi bencana gempa bumi. Hal ini dikarenakan keterbatasan fisik yang mereka alami. Namun lansia dengan gangguan penglihatan cenderung kurangnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai kesiapsiagaan lansia dengan gangguan penglihatan terhadap bencana gempa bumi di RW 02 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Partisipan yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 7 (tujuh) orang dengan menggunakan wawancara terbuka. Analisa data pada penelitian ini yaitu analisa tematik. Dari analisis data, didapatkan 3 tema dan 10 subtema yang menjelaskan tentang kesiapsiagaan lansia dengan gangguan penglihatan dalam menghadapi bencana gempa bumi di RW 02 Kelurahan Pasie Nan Tigo yaitu pengetahuan lansia mengenai bencana dan potensi bencana diwilayah tempat tinggal, kesiapsiagaan lansia terkait dengan gangguan penglihatan, dan dukungan infrastruktur dari pemerintah untuk lansia dengan gangguan penglihatan. Saran dari hasil penelitian ini yaitu lansia dengan gangguan penglihatan sudah memiliki kesiapsiagaan dan menyiapkan kebutuhan khusus yang diperlukan baik itu oleh lansia sendiri ataupun dibantu oleh keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ns. Fitri Mailani, S. Kep., M. Kep
Uncontrolled Keywords: Bencana gempa bumi, kesiapsiagaan bencana, lansia, gangguan penglihatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:40
Last Modified: 15 Dec 2022 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118374

Actions (login required)

View Item View Item