PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI SETELAH DIBERIKAN SIMULASI PENYELAMATAN DIRI SAAT GEMPA BUMI DI RW 02 KELURAHAN PASIA NAN TIGO

TIYA RAMA, FITRI (2022) PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI SETELAH DIBERIKAN SIMULASI PENYELAMATAN DIRI SAAT GEMPA BUMI DI RW 02 KELURAHAN PASIA NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (KIA)
KARYA ILMIAH UTUH TIYA RAMA FITRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia sekolah merupakan salah satu kelompok rentan yang menjadi korban terbanyak saat bencana gempa bumi, dikarenakan pengetahuan dan sikap anak yang kurang mengenai cara penyelamatan diri saat gempa bumi. Salah satu upaya meminimalkan korban anak usia sekolah saat gempa bumi yaitu dengan memberikan pelatihan simulasi penyelamatan diri saat gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan anak usia sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi setelah diberikan simulasi penyelamatan diri saat gempa bumi di RW 02 Kelurahan Pasia Nan Tigo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 anak usia sekolah dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan penyelamatan diri saat gempa bumi oleh LIPI/UNESCO/ISDR tahun 2006. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh anak usia sekolah memiliki pengetahuan kesiapsiagaan penyelamatan diri saat gempa bumi baik (84.4%), dan sebagian besar anak usia sekolah memiliki sikap positif (75%). Disarankan kepada RW setempat untuk bekerja sama dengan BPBD Kota Padang agar mengadakan latihan atau simulasi penyelamatan diri saat gempa bumi secara berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd. Jamil., S. Kp., M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Anak Usia Sekolah, Simulasi, Penyelamatan diri, Gempa Bumi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:44
Last Modified: 13 Dec 2022 08:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118360

Actions (login required)

View Item View Item