RESILIENSI MASYARAKAT TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO, KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2022

NISYA DWI, ADHILA (2022) RESILIENSI MASYARAKAT TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO, KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (KIA UTUH)
KARYA ILMIAH UTUH NISYA DWI ADHILA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kelurahan Pasie Nan Tigo merupakan salah satu kelurahan dari Kecamatan Koto Tangah yang berada di pesisir Pantai Sumatera dan merupakan daerah rawan bencana. Faktor yang mempengaruhi masyarakat terhadap bencana bergantung kepada frekuensi dan tingkat keparahan bencana dan kerentanan dari masyarakat. Sehingga penting memahami suatu bentuk penyesuaian masyarakat terhadap sebuah bencana yang merupakan suatu esensi untuk membangun resiliensi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui resiliensi masyarakat terhadap bencana gempa bumi di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang masyarakat Pasie Nan Tigo dengan teknik pengumpulan data purposive sampling yang kemudian dilakukan wawancara mendalam. Resiliensi masyarakat terhadap bencana gempa bumi di Kelurahan Pasie Nan Tigo tergambar dalam pernyataan sebagai berikut: (1) Interaksi sosial masyarakat pasie nan tigo pasca bencana gempa bumi, (2) Upaya masyarakat pasie nan tigo mempertahankan ekonomi pasca gempa bumi, (3) Persiapan pemerintah menghadapi bencana pasca gempa bumi, (4) Respon masyarakat saat terjadi bencana gempa bumi. Pemerintah Kelurahan Pasie Nan Tigo diharapkan dapat memfasilitasi kegiatan pelatihan keahlian khusus bagi masyarakat untuk membentuk ketahanan ekonomi masyarakat pasca bencana, dan memberikan pelatihan serta bekerja sama dengan masyarakat asli dalam sistem peringatan dini bencana tsunami sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana susulan dari gempa bumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: FITRA YENI, S.Kp, MA
Uncontrolled Keywords: resiliensi, masyarakat, gempa bumi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:31
Last Modified: 13 Dec 2022 08:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118358

Actions (login required)

View Item View Item